Siapa Dorian Nakamoto? Apakah dia Satoshi Nakamoto?

Siapa Dorian Nakamoto? Apakah dia Satoshi Nakamoto?

Jika Anda adalah seorang bitcoin enthusiast, tentu Anda akan familiar dengan orang ini. Tapi tunggu dulu, jika Anda menyangka bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto sang pencipta bitcoin, Anda berarti keliru. Dia bukanlah Satoshi yang selama ini Anda kira, dia adalah Dorian Nakamoto. Pertanyaan yang timbul sekarang, siapa Dorian Nakamoto?

Dorian bukan Satoshi

Dorian memang orang yang sering disangkakan sebagai Satoshi Nakamoto. Foto wajahnya akan muncul terdepan di halaman google jika Anda mengetikkan “Satoshi Nakamoto”. Ini yang membuat banyak orang salah paham bahwa Dorian adalah Satoshi. Menurut pengakuannya, dia bukanlah Satoshi. Hingga saat ini, imagenya sudah melekat dengan Satoshi dan bitcoin. Bukannya bangga, hal ini malah membuat dia tidak nyaman.

Siapa Dorian Nakamoto? Apakah dia Satoshi Nakamoto?
Disangkakan sebagai Satoshi Nakamoto membuat Dorian Nakamoto tidak nyaman, karena harus sering berurusan dengan media

Siapa Dorian Nakamoto?

Dengan sangkalannya bahwa dia bukanlah Satoshi, lalu siapa Dorian Nakamoto? Dorian Nakamoto adalah seorang Japanese – American yang tinggal di California. Menurut Newsweek, Dorian adalah seorang fisikawan yang menempuh ilmu di Cal Poly University di Pomona. Dia bekerja sebagai insinyur sistem pada project pertahanan rahasia dan insinyur komputer untuk perusahaan jasa informasi teknologi dan keuangan.

Pada tahun 2014, Newsweek mempublikasikan informasi yang salah tentang siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto. Sejak saat itu Dorian mulai dikepung oleh para jurnalis untuk mendapatkan informasi yang valid akan hal ini. Bahkan targetnya tidak hanya Dorian, tetapi keluarganya juga. Ini tentu membuat Dorian dan keluarga menjadi terganggu karena sudah mulai mengorbankan privasi mereka. Kondisi ini membuat Dorian ingin menggugat Newsweek, akan tetapi pada akhirnya dia mengurungkan niatnya.

Tiga tahun sejak Dorian salah diidentifikasi sebagai Satoshi oleh Newsweek, banyak hal terjadi pada bitcoin. Banyak hal pula telah terjadi dalam kehidupannya sekarang yang berusia 69 tahun, seperti sikap Dorian terhadap mata uang kripto yang telah melunak. Dia bahkan datang pada gelaran Bitconf tahunan yang kelima di Bogota. Dorian Nakamoto datang dengan tampak santai menikmati perannya sebagai Satoshi palsu, dan bahkan menghadiri konferensi pers dengan penyelenggara acara.

Siapa Dorian Nakamoto? Apakah dia Satoshi Nakamoto?
Dorian Nakamoto menghadiri Bitconf tahunan kelima di Bogota dengan tampak santai

Gratis Bitcoin

Dorian Nakamoto bahkan mendapatkan 67 BTC dari penggalangan dana yang dipelopori oleh seorang penggiat bitcoin, Andreas Antonopoulos. Itu dilakukan sebagai respect atas apa yang terjadi dengan Dorian. Kira-kira sudah dijual belum ya?

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

#Artikel Lainnya

BLOCKCHAINISME
Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

hi@blockchainisme.com
+62 89634805599