10 Pedoman Trading Cryptocurrency, Wajib Tahu

10 Pedoman Trading Cryptocurrency Dari Para Pakar

Postingan ini akan sangat berguna bagi Anda yang akhirnya memutuskan untuk terjun dalam trading bitcoin atau trading cryptocurrency lainnya. Tips ini diterjemahkan dan dirangkum dari Coin Pursuit dari hasil diskusi para pakar di bidang perdagangan cryptocurrency. Berikut hasil tulisan dari Coin Pursuit mengenai 10 Pedoman Trading Cryptocurrency.

Abaikan sumber info yang bias, menyimpang, atau tidak jelas
Hal ini merupakan alasan yang menyebabkan skema pump and dump (aksi jual-beli ekstrim yang terorganisir oleh suatu kelompok) dan aksi merugikan lainnya di dunia trading cryptocurrency terjadi. Semua orang punya kepentingan, mereka ingin untung dari orang yang rugi, khususnya para trader pemula yang belum banyak pengalaman. Skema pump and dump dan sejenisnya ini biasanya banyak dijumpai di group chat Telegram. Informasi dan rumor tidak jelas adalah senjata mereka untuk menjebak investor baru yang awam. Ada baiknya Anda mencari sumber informasi yang memang akurat dan terpercaya dalam membuat keputusan ketika trading.

Berinvestasilah sesuai dengan kemampuan Anda
Manajemen keuangan diperlukan untuk membagi persentase dana yang ingin digunakan untuk berinvestasi. Ini penting agar kedepannya, tidak ada dana panas yang dikorbankan, misalnya tabungan hari tua, biaya pendidikan anak, dan lainnya. Investasi dengan bijak, gunakan dana yang memang Anda sendiri sudah siap menanggung kemungkinan terburuknya. Dengan perencanaan investasi yang matang, Anda akan baik-baik saja namun selalu bersiaplah jika sesuatu yang buruk menimpa Anda.

Tentukanlah tujuan yang memang dapat Anda gapai
Mata uang digital dalam hal ini cryptocurrency, bukanlah sebuah alat untuk menjadi kaya dalam semalam. Buatlah sebuah rencana dan sasaran yang realistis untuk investasi Anda. Meskipun Anda hanya berharap meraih profit sebesar 5%, 10%, 15% dan seterusnya, tetaplah berjalan sesuai dengan rencana tersebut. Pasar cryptocurrency adalah pasar yang masih muda dan labil. Janganlah bertindak terlalu berlebihan dan tetaplah berjalan sesuai dengan tujuan jangka panjang Anda.

Jangan panik
Trading identik dengan penguasaan psikologi. Kondisikan emosi Anda, luangkan waktu Anda mempelajari tentang perusahaan-perusahaan cryptocurrency yang ada serta pahami betul apa yang sedang terjadi di pasar. Bertindak secara gegabah hanya akan merugikan Anda. Selalu sabar dan berpikir dua kali dalam membuat keputusan.

10 Pedoman Trading Cryptocurrency, Jangan Panik
Turun-naik harga saat trading cryptocurrency adalah hal biasa, kuasai diri, jangan panik

Jangan bergantung pada dugaan semata
Pasar cryptocurrency adalah hal yang sulit untuk diprediksi. Janganlah terlalu percaya diri dalam memprediksi ke arah mana pasar akan bergerak. Seberapa tinggi pun jam terbang Anda dalam trading, sebaiknya Anda mengikuti tren yang terjadi. Bacalah tips, berita, serta tonton video sebanyak-banyaknya untuk mengambil keputusan yang sesuai dengan situasi yang ada. Anda sedang berada di pasar, bukan arena judi.

Belajarlah dari kesalahan Anda
Kesalahan bukanlah masalah, masalah Anda adalah bagaimana belajar dan memperbaiki kesalahan tersebut. Pasti akan ada saatnya Anda gagal dalam mendapatkan profit. Anda harus bisa bangkit kembali dan memulai kembali setelah belajar dari kesalahan Anda.

Perhatikan grafik/chart yang ada
Ikutilah tren pasar dari waktu ke waktu dan pelajari bagaimana cara membaca dan menginterpretasikan grafik. Anda boleh berinvestasi dengan mengacu pada waktu yang sedang berjalan saat ini, namun jangan membuat keputusan secara gegabah hanya berdasarkan fluktuasi sementara. Akan selalu lebih baik jika Anda melakukan jual beli berdasarkan data jangka panjang.

Cintailah cryptocurrency
Jangan berinvestasi dengan anggapan bahwa Anda akan kaya dalam waktu singkat. Lakukanlah karena Anda percaya dengan konsep dan potensi yang ada di balik cryptocurrency.

10 Pedoman Trading Cryptocurrency, Cinta Cryptocurrency
Semua butuh proses, begitu juga dalam trading cryptocurrency. Lakukanlah karena Anda memang menyukainya

Didiklah diri Anda sendiri
Semakin banyak Anda belajar dan semakin banyak Anda mengaplikasikan teori yang Anda dapat di dunia nyata, maka Anda akan semakin terbiasa dan lebih handal dalam melakukan hal tersebut. Hal yang sama pun berlaku ketika Anda berinvestasi dalam mata uang digital.

Bersenang-senanglah
Jangan menghabiskan seluruh hari Anda hanya untuk duduk dan memperhatikan grafik pergerakan harga seharian. Coba bangun kembali koneksi Anda dengan teman-teman investor Anda, dan mulailah berbagi pengalaman serta pendapat Anda bersama mereka. Jadikan investasi cryptocurrency sebagai sesuatu yang menyenangkan. Ini bagus untuk menyegarkan psikologi trading Anda.

Seperti itu kurang lebih dari 10 Tips Dalam Perdagangan Cryptocurrency ini. Semoga bermanfaat dan bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda. Tulis juga di kolom komentar di bawah, tips atau pedoman trading cryptocurrency versi Anda sendiri. Mari berbagi!

KATEGORI :

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

#Artikel Lainnya

BLOCKCHAINISME
Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

hi@blockchainisme.com
+62 89634805599