Kategori :
Oleh : Blockchainisme

Waspada Apps Penghasil Bitcoin dan Ethereum Scam

Waspada Apps Penghasil Bitcoin dan Ethereum Scam
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Seorang penguna twitter yang menyebut dirinya sebagai Independent Malware Hunter, melaui sebuah tweetnya menyatakan bahwa aplikasi yang mengklaim memberi kesempatan penggunanya untuk mendapatkan bitcoin gratis senilai $45 per hari merupakan penipuan. Sejak awal kemunculan bitcoin, situs atau apps penghasil bitcoin gratis memang banyak bermunculan, sayangnya kebanyakan dari apps tersebut malah merugikan penggunanya.

Apps penghasil bitcoin gratis

Software ini dikenal sebagai Bitcoin Collector. Lewat iklannya di sebuah situs, Bitcoin Collector ini mengklaim dirinya dapat memungkinkan pengguna untuk berbagi URL unik ke teman-teman mereka dengan pembayaran ethereum. Untuk setiap seribu orang yang mengkliknya, pengguna akan mendapatkan 3 ETH atau senilai Rp11.600.000 (berdasarkan rate ETH 29 Mei 2019 di Indodax).

Namun, menurut orang yang memiliki username Frost di twitter tersebut, aplikasi semacam ini adalah upaya untuk mencuri detail data login dan uang dari pengguna yang telah terjangkit malware dari software yang bersangkutan.

Para korban akan diminta mengunduh software yang akan menjalankan ransomware. Ransomware yang aktif ini nantinya memperingatkan korbannya bahwa semua informasi mereka telah dienkripsi menggunakan apa yang mereka sebut sebagai algoritma paling “kriptografi”.

“Tidak ada sistem administrator di dunia yang dapat menyelesaikan masalah ini tanpa mengetahui kata sandi.”

– Peringatan dari ransomware

Dikabarkan, beberapa waktu lalu penipuan semacam ini telah berkembang menjadi Trojan. Hal ini berpotensi memungkinkan penipu untuk mencuri crypto wallet, file, detail login, mengambil screenshot, dan meninjau riwayat penelusuran tanpa sepengetahuan si korban.

Tujuan dari adanya perangkat lunak berbahaya ini tentu jelas menyasar orang-orang awam yang baru mengenal cryptocurrency. Pekan sebelumnya Cointelegraph melaporkan, para peneliti menemukan aplikasi di Google Play store yang meniru hardware wallet Trezor.

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Terbaru

GRATIS! Daftarkan diri kamu untuk mendapatkan informasi cryptocurrency, airdrop terbaru, dan merchandise!

Blockchainisme

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Rangkuman informasi seputar blockchain, aset kripto, dan airdrop terbaru.

hi (at) blockchainisme.com

Awards

Indonesia Website Awards 2019, Site of the Month.