Bitcoin Untuk Pemula, Kenali Dulu Disayang Kemudian

Bitcoin Untuk Pemula, Kenali Dulu Disayang Kemudian

Bitcoin untuk pemula memang sering membuat bingung. Tetapi, itu bukan berarti bitcoin sulit untuk dipahami. Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak diatur oleh negara dan/atau lembaga apapun. Bitcoin adalah mata uang digital yang bisa dikirim melalui internet. Saat ini transaksi bitcoin sangat meningkat dengan signifikan, baik transaksi dari trading atau pun jual beli barang atau jasa. Jika Anda adalah pengguna baru atau orang yang ingin mulai mempelajari bitcoin, Anda berada di konten yang tepat untuk memahami bitcoin untuk pemula.

Pemahaman bitcoin untuk pemula

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengenal bitcoin, berikut telah dirangkum beberapa pertanyaan seputar bitcoin untuk pemula yang sering diajukan oleh mereka yang ingin mempelajari bitcoin. Penjelasan di bawah ini bersifat umum, dan tidak membahas seputar bitcoin secara teknikal. Jika Anda sedang mencari penjelasan teknikal mengenai bitcoin, Anda bisa skip postingan ini.

Siapa pembuat bitcoin?
Hingga saat ini belum ada informasi pasti mengenai siapa sebenarnya pembuat bitcoin. Namun, algoritma yang digunakan pada bitcoin dikembangkan oleh seorang atau sekelompok grup dengan nama alias “Satoshi Nakamoto”. Satoshi Nakamoto memperkenalkan sistem jaringan bitcoin dan cryptocurrency untuk pertama kalinya pada tahun 2009. Jika Anda googling “Satoshi Nakamoto”, mungkin Anda akan menemukan wajah Dorian Nakamoto. Sayangnya, Dorian Nakamoto bukan Satoshi Nakamoto seperti apa yang sering diilustrasikan oleh media.

Bitcoin Untuk Pemula, Tidak ada yang tahu pasti siapa dan dimana Satoshi Nakamoto sang penemu bitcoin
Tidak ada yang tahu pasti siapa dan dimana Satoshi Nakamoto sang penemu bitcoin

Apa kelebihan bitcoin dibanding mata uang konvensional?
Beberapa kelebihan bitcoin diantaranya bisa dikirim ke mana saja lewat internet tanpa melalui bank atau lembaga pengirim. Bisa digunakan di negara mana saja dan tidak dapat dibekukan. Serta transaksi bitcoin dilakukan tanpa syarat dan tidak ada batasan transfer. Selain itu kelebihan bitcoin adalah kita bisa memantau semua transaksi yang terjadi. Misalnya transaksi yang dilakukan website Wikileaks. Melalui blockchain explorer kita bisa memeriksa dari mana saja Wikileaks mendapat kiriman bitcoin dan identitas pengirim seperti alamat wallet bitcoin dan jumlah transaksi yang dikirim.

Apa saja contoh penggunaan bitcoin?
Bitcoin sudah diadopsi oleh berbagai kalangan, yang kebanyakan adalah website ecommerce. Beberapa diantaranya ada Bitpremier yang menjual barang-barang mewah. Di Indonesia sendiri khususnya Bali, beberapa hotel dan satu co-working space yaitu Hubud sudah mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran sebelum akhirnya ada regulasi yang melarang cryptocurrency sebagai alat pembayaran di Indonesia. Kendati dilarang sebagai alat pembayaran, bitcoin dan cryptocurrency lainnya kini telah diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2018, yang memasukkan cryptocurrency dan crypto asset sebagai komoditi yang dapat diperdagangkan.

Bagaimana cara mendapat bitcoin?
Ada dua cara mendapat bitcoin. Pertama, membeli bitcoin langsung dengan menukarkan mata uang resmi dengan bitcoin. Kedua, Anda bisa mendapatkan bitcoin dengan cara memasang aplikasi yang disebut bitcoin miner atau dikenal juga dengan bitcoin mining di komputer yang memiliki daya komputasi yang tinggi.

Bisa ditukar dengan uang tunai?
Ya, bitcoin bisa ditukar dengan mata uang resmi. Di Indonesia sendiri ada Indodax.com yaitu sebuah situs sebagai tempat melakukan bitcoin exchange yang melayani penukaran cryptocurrency dengan mata uang rupiah.

Bitcoin Untuk Pemula, Tampilan situs Indodax.com, platform jual-beli cryptocurrency terbesar di Indonesia
Tampilan situs Indodax.com, platform jual-beli cryptocurrency terbesar di Indonesia

Berapa nilai tukar bitcoin?
Nilai tukar bitcoin tidak pasti dan terus berubah-ubah. Ada banyak hal yang menjadi penyebab fluktuasi harga bitcoin. Saat artikel ini ditulis nilai tukar 1 BTC mencapai Rp84.929.000 (Nilai tukar bitcoin di Indodax per tanggal 7 Mei 2019). Bitcoin bahkan tidak berharga saat di awal kemunculannya. Bitcoin baru menginjak harga $1 di bulan Februari 2011. Orang-orang yang mengenal bitcoin sejak awal kini telah banyak mendapatkan manfaatnya, seperti Peter Saddington contohnya. Dia berinvestasi bitcoin hanya sejumlah $115 dan mampu membeli Lamborghini dengan investasi bitcoinnya tersebut.

Peter Saddington menjadi orang pertama yang membeli Lamborghini dari hasil investasi bitcoin

Mengapa harga tukar bitcoin jadi mahal?
Nilai tukar bitcoin sangat tinggi disebabkan karena jumlah bitcoin yang terbatas sedangkan pengguna (permintaan) bitcoin sangat banyak, sehingga harganya menjadi mahal.

Berapa jumlah bitcoin yang beredar?
Algoritma yang digunakan bitcoin telah dirancang untuk menghasilkan 21 Juta Bitcoin hingga tahun 2024. Sampai saat ini telah beredar sebanyak 17.687.012 BTC (Data CoinMarketCap per tanggal 7 Mei 2019).

Melalui situs Coinmarketcap.com, Anda bisa mengetahui berbagai informasi terkait cryptocurrency yang ada, seperti jumlah peredaran suatu cryptocurrency
Melalui situs Coinmarketcap.com, Anda bisa mengetahui berbagai informasi terkait cryptocurrency yang ada, seperti jumlah peredaran suatu cryptocurrency

Apakah jumlah itu bisa bertambah?
Karena bitcoin adalah mata uang yang paling demokratis, jumlah tersebut bisa bertambah apabila 50 persen ditambah satu pengguna bitcoin menyetujui untuk menambah jumlah bitcoin.

Jadi, mengapa kita perlu menggunakan bitcoin?
Jawabannya akan menjadi subjektif, tetapi secara umum bitcoin dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah dan fleksibel. Misalnya, jika ingin mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri maka akan melewati beberapa tahap, dan tentu saja pajak sebelum sampai ke tangan penerima. Sedangkan dengan menggunakan bitcoin cukup menentukan jumlah dan tujuan penerima Anda bisa langsung mengirim bitcoin kemana saja, dan yang lebih menyenangkan lagi, pajak (ongkos kirim) ditentukan oleh Anda sebagai pengirim. Selain itu, dengan bitcoin pengiriman uang jadi fleksibel karena bisa melakukan pengiriman dengan nominal yang sangat kecil.

Lalu, apa itu bitcoin mining?
Bitcoin mining adalah proses mendapatkan bitcoin. Untuk bisa melakukan bitcoin mining, diperlukan komputer canggih dengan daya komputasi tinggi yang disebut Application Specific Integrated Circuit (ASIC). Komputer ini digunakan untuk mencari koin baru dengan cara membantu proses transaksi bitcoin di seluruh dunia.

Diperlukan komputer dengan daya komputasi yang tinggi untuk dapat menambang bitcoin
Diperlukan komputer dengan daya komputasi yang tinggi untuk dapat menambang bitcoin

Bagaimana cara kerja bitcoin miner?
Sebenarnya cara kerja bitcoin mining cukup sederhana. Penambang cukup memasang software bitcoin miner atau menggunakan komputer ASIC. Komputer-komputer ini yang nantinya akan membantu proses verifikasi transaksi bitcoin. Dimana verifikasi ini melibatkan proses yang rumit, namun mudah diverifikasi kebenarannya. Penambang pertama yang berhasil memecahkan proses tersebut akan diberikan sejumlah bitcoin sebagai hadiah. Namun dalam kenyataannya tidak semudah itu, ada banyak orang dan organisasi yang menambang bitcoin, jadi apabila hanya bermodalkan komputer biasa maka hal itu merupakan sesuatu yang sia-sia.

Bagaimana pemahamannya tentang bitcoin sekarang? Tentunya sudah ada sedikit bayangan kan dengan materi-materi bitcoin untuk pemula di atas? Apakah Anda memiliki pemahaman yang lebih sederhana tentang bitcoin? Jangan lupa share di kolom komentar!

Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal bitcoin, bisa menuju konten-konten kami yang membahas seputar bitcoin di sini.

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Blockchainisme
Blockchainisme
Blockchainisme adalah sebuah situs sebagai media informasi bagi para blockchain enthusiast Indonesia untuk lebih mengenal blockchain dan cryptocurrency.

#Artikel Lainnya

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan informasi GRATIS seputar Blockchain, Cryptocurrency, dan Airdrop. Subscribe sekarang, FREE !!!

Ledger Nano X - The secure hardware wallet
Media Belajar Crypto dan Informasi Seputar Blockchain, Blockchainisme, Indonesian Blockchain Enthusiast Media

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

Email
: hi@blockchainisme.com
Telegram: @TeamBlockchainisme
Phone: +62 89634805599

Advertise | Privacy Policy | Sitemap