7 Alasan Mengapa Bitcoin Populer dan Diperhitungkan

8 Alasan Mengapa Bitcoin Populer dan Diperhitungkan

Bitcoin merupakan digital aset yang paling populer dan berharga saat ini. Cryptocurrency buatan Satoshi Nakamoto ini, kini menjadi digital aset dengan kapitalasi pasar tertinggi, dengan nilai lebih dari $168 Miliar. Fakta tersebut kemudian memunculkan pertanyaan, “Mengapa bitcoin populer sampai begitu mahal seperti sekarang?”.

Awal kemunculan bitcoin

Bitcoin muncul pertama kali ke publik pada tahun 2009. Melalui sebuah mailing list, seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto membagikan sebuah whitepaper yang berjudul, “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System“. Tidak banyak orang yang tertarik dengan bitcoin pada awal kemunculannya.

Pada 2010 seorang yang bernama Laszlo Hanyecz menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi untuk pertama kalinya. Dia membeli pizza dengan bitcoin seharga 10.000 BTC. Hal ini bisa dikatakan menjadi salah satu trigger dalam perkembangan bitcoin. Tanpa transaksi ini, bitcoin mungkin tidak akan pernah dianggap memiliki nilai.

Laszlo Hanyecz dan dua loyang pizzanya adalah trigger perkembangan harga bitcoin
Laszlo Hanyecz dan dua loyang pizzanya adalah trigger perkembangan harga bitcoin

Sejak peristiwa tersebut, harga bitcoin mulai naik perlahan dan mulai diperdagangkan secara internal tanpa adanya exchange market bitcoin seperti sekarang.

Alasan mengapa bitcoin populer

Bitcoin yang dahulu dianggap tidak begitu berharga, kini menjadi aset digital yang diperhitungkan. Aset digital ini menjadi begitu populer karena beberapa hal positif dan negatif. Berikut adalah 8 alasan mengapa bitcoin populer di masa sekarang.

Bitcoin berbasis teknologi blockchain

Teknologi blockchain merupakan teknologi yang tergolong baru, sehingga banyak orang yang mencari tahu. Blockchain adalah teknologi yang memungkinkan pencatatan data yang kemudian disimpan di dalam blok-blok yang saling berkaitan satu sama lain. Block-block ini terdistribusi di dalam jaringan tanpa server terpusat, sehingga hampir mustahil untuk diretas.

Alasan mengapa bitcoin populer karena kelebihan blockchain yang menggunakan blok data yang saling terkait sehingga jaringan susah dimanipulasi
Kelebihan blockchain yang menggunakan blok data yang saling terkait sehingga jaringan susah dimanipulasi

Banyak startup kini mulai melirik blockchain. Bahkan perusahaan sebesar Google dan Facebook kini mulai mengaplikasikan blockchain untuk beberapa produk layanan mereka.

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi

Mata uang konvensional memiliki regulatornya tersendiri. Bank sentral masing-masing negara memiliki wewenang untuk mengatur peredaran uang di negara tersebut. Kita tidak tahu berapa jumlah uang yang beredar saat ini.

Bedanya dengan mata uang konvensional, bitcoin tidak dikendalikan oleh suatu badan yang terpusat, seperti bank atau pemerintah. Desentralisasi bitcoin memungkinkan adanya transparansi dan keamanan transaksi yang lebih baik.

Anda dapat mengetahui peredaran bitcoin dari dan ke wallet mana saja. Transaksi bitcoin juga memiliki kecepatan dan biaya yang relatif murah dalam beberapa kasus penggunaan tertentu.

Pasokan bitcoin terbatas

Tidak seperti mata uang konvensional yang peredarannya susah dilacak. Peredaran bitcoin mudah untuk diketahui. Bahkan, kita bisa tahu berapa total bitcoin yang telah beredar berkat teknologi blockchain.

Bitcoin diciptakan terbatas, hanya 21 Juta BTC saja. Saat ini yang telah beredar sebanyak 17.8 Juta BTC. Sisa bitcoin yang belum beredar akan dihasilkan melalui proses penambangan bitcoin (bitcoin mining).

Harga bitcoin yang tinggi

Jika ada suatu benda yang menawarkan nilai-nilai positif dan diciptakan hanya sedikit, apa yang terjadi? Tentu benda itu akan menjadi buruan banyak orang bukan? Hal tersebut juga terjadi pada bitcoin.

Supply dan demand dari bitcoin sangat mempengaruhi perkembangan harga bitcoin hingga saat ini. Bitcoin yang diciptakan terbatas, memiliki peminat yang tinggi. Dari yang 10.000 BTC hanya untuk pizza, kini 1 BTC memiliki nilai 135 Juta Rupiah (Data Indodax per tanggal 30 Juli 2019). Bahkan nilai tertinggi bitcoin pernah mencapai nyaris 300 Juta Rupiah.

Alasanya mengapa bitcoin populer, karena harga bitcoin yang tinggi untuk ukuran sesuatu yang tidak ada wujudnya
Data harga bitcoin dan crytocurrency lainnya di Indodax per tanggal 30 Juli 2019

Harga bitcoin yang tinggi telah mengalami naik-turun selama perjalanannya. Banyak hal yang mempengaruhi fluktuasi harga bitcoin.

Bitcoin digunakan untuk transaksi ilegal di situs deepweb

Walaupun ini adalah alasan yang negatif, namun tidak dapat dipungkiri hal ini cukup membuat bitcoin mendapat sorotan publik terutama media. Di situs deepweb, bitcoin digunakan sebagai alat transaksi untuk barang dan jasa ilegal. Cryptocurrency ini disalahgunakan untuk transaksi narkoba, jasa pembunuh bayaran, jual-beli organ tubuh, dll.

Masih ingat dengan kasus teror bom Mal Alam Sutera pada 28 Oktober 2015? Pelaku teror tersebut meminta tebusan sebanyak 100 BTC pada saat itu.

Bitcoin merupakan cryptocurrency terbesar

Dengan harga yang tinggi dan total supply yang terbatas, bitcoin menjadi cryptocurrency paling berharga saat ini. Bitcoin menduduki peringkat pertama berdasarkan kapitalisasi pasar yang mencapai lebih dari $168 Miliar.

Nominal tersebut sangat tinggi nilainya untuk sesuatu yang bahkan tidak ada wujud fisiknya seperti bitcoin. Ini membuktikan bahwa bitcoin memiliki banyak pendukung. Kita akan menjadi saksi bagaimana bitcoin dan cryptocurrency lain di masa depan. Akankah cryptocurrency dapat menggeser dominasi industri perbankan dan mata uang konvensional?

Pencipta bitcoin masih misterius

Bitcoin diperkenalkan pada tahun 2009 oleh orang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Tidak ada yang tahu siapa dan dimana Satoshi Nakamoto saat ini. Banyak orang yang mengaku sebagai kreator bitcoin.

Misteriusnya Satoshi Nakamoto memiliki efek positif untuk perkembangan bitcoin. Jika seandainya Satoshi membeberkan identitas aslinya, hal tersebut akan berimbas pada perkembangan bitcoin. Satoshi bisa saja dipengaruhi, diancam, dll oleh orang atau kelompok tertentu yang berpengaruh, untuk melakukan intervensi terhadap bitcoin.

Bitcoin mungkin masa depan teknologi finansial

Dahulu, siapa yang menyangka bahwa surat kertas bisa tergantikan oleh email, SMS, atau bahkan online chat? Tidak ada yang menyangka juga surat kabar kini tergantikan oleh media berita online. Semua karena teknologi internet yang mulai booming pada tahun 90an. Sekarang, siapa yang bisa lepas dari internet?

Alasan Mengapa Bitcoin Populer, Bitcoin merupakan masa depan teknologi finansial
Beberapa contoh dari “a timeline of very bad future predictions”, dan hal yang bisa terjadi dengan teknologi blockchain dan cryptocurrency seperti bitcoin

Hal yang sama kini terjadi pada industri keuangan. Gopay, Ovo, Dana, adalah salah satu peserta di industri fintech tanah air. Semua startup tersebut masih tersentralisasi. Hal ini berbeda dengan bitcoin dan cryptocurrency lainnya yang terdesentralisasi. Privasi keamanan data pribadi Anda, sepenuhnya ada di tangan Anda, jika Anda pengguna bitcoin.

Transaksi bitcoin memang tidak secepat dan semurah dulu. Namun, bitcoin adalah tonggak perkembangan cryptocurrency di dunia. Bitcoin menjadi ibu untuk lahirnya cryptocurrency lain seperti stablecoin. Stablecoin memiliki nilai yang lebih stabil dan lebih efisien untuk transaksi skala kecil. Dengan cryptocurrency jenis ini, Anda bisa mengirim uang sebanyak yang Anda punya dengan sangat cepat, biaya hanya beberapa rupiah, dan tanpa perantara pihak ketiga.

Suka tidak suka, internet, blockchain, dan bitcoin telah merevolusi industri keuangan konvensional. Banyak potensi yang masih dapat digali dari blockchain dan cryptocurrency ini. Semoga artikel ini dapat menjawab alasan mengapa bitcoin populer seperti sekarang. Menurut versi Anda, mengapa bitcoin jadi populer? Beritahu kami di kolom komentar!

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

#Artikel Lainnya

BLOCKCHAINISME
Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

hi@blockchainisme.com
+62 89634805599