James Howells dan 7500 Bitcoin Hilang Di Pembuangan Sampah Newport Wales

James Howells dan 7500 Bitcoin Malangnya

Jika Anda berpikir bahwa apa yang dilakukan Laszlo Hanyecz saat menghabiskan 10.000 Bitcoin untuk dua loyang pizza di tahun 2010 adalah hal yang konyol, lalu bagaimana dengan hal yang ini? Pada periode Juni – Agustus 2013, sebuah media penyimpanan berupa harddisk yang berisikan data-data penting tanpa sengaja telah dibuang bersama sampah oleh pemiliknya. 7.500 Bitcoin adalah salah satu dari hal-hal yang harus hilang dari kelalaian sang pemilik bitcoin tersebut, James Howells. Mustahil untuk dapat menemukan kembali 7.500 Bitcoin tersebut di tumpukan sampah yang menggunung di Wales.

James Howells, sang pemilik harddisk yang berisikan 7.500 Bitcoin yang hilang di tumpukan sampah
James Howells, sang pemilik harddisk yang berisikan 7.500 Bitcoin yang hilang di tumpukan sampah

Kemalangan James Howells

Tidak semua orang memiliki nasib yang beruntung dengan bitcoin. Salah satunya James Howells, pemilik harddisk berisikan 7.500 Bitcoin yang terbuang. Harddisk tersebut tak sengaja ikut terbuang ketika dia membersihkan sampah. Perangkat keras yang berisi data digital senilai 7.500 Bitcoin tersebut kini menjadi “Harta Karun”. Aset digital yang malang tersebut dia peroleh dengan cara mining (menambang) ketika tahun 2009, tahun kemunculan awal bitcoin. Bitcoin belum sepopuler dan seberharga sekarang saat itu. Seperti kebiasaan buruk orang-orang pada umumnya, Howells menyimpan tumpukan barang selama bertahun-tahun dan baru belakangan merapikannya. Baru pada tahun 2013 lalu dia menyadari kesalahan itu, Howells yang panik langsung berupaya menemukan cadangan data yang mungkin tertinggal. Sialnya lagi, ternyata data-data yang hilang tersebut tidak ada backup datanya.

“Begitu saya melihat lokasi tempat pembuangan sampah tersebut, saya pikir kita tak punya kesempatan. Itu area tertutup yang sangat luas”, ujar Howells tentang peluang menemukan harddisk yang hilang tersebut di antara gunungan sampah. Juru Bicara untuk Dewan Kota Newport mengatakan sampah yang dibuang pada musim panas, rentang perkiraan harddisk itu dibuang, sekarang kemungkinan terkubur di bawah 25.000 meter kubik sampah dan tanah.

Harta karun James Howells terkubur di bawah 25.000 meter kubik sampah dan tanah di Newport
Harta karun James Howells terkubur di bawah 25.000 meter kubik sampah dan tanah di Newport

Dengan kemajuan teknologi, pertumbuhan, dan harga bitcoin yang terus meningkat, maka 7.500 Bitcoin Howells yang hilang terkubur tersebut sama nilainya dengan 600 Miliar Rupiah (Berdasarkan nilai tukar bitcoin di Indodax pada 6 Mei 2019). Kehilangan bitcoin yang dialami oleh James Howells memang 2.500 Bitcoin lebih sedikit dari Laszlo Hanyecz yang mengorbankan 10.000 Bitcoinnya. Namun, setidaknya Laszlo Hanyecz setidaknya lebih beruntung karena dia masih bisa mendapatkan 2 loyang pizza.

Apa yang terjadi pada James Howells ini bisa menimpa siapa saja. Luangkanlah waktu untuk membuat backup data penting yang Anda miliki. Jangan menyepelekan hal yang menurut Anda tidak penting. James Howells sudah merasakannya, tentu Anda tidak ingin mengulangi kesalahan yang Howells lakukan bukan? Atau apakah Anda pernah punya pengalaman serupa yang merugikan? Share di kolom komentar di bawah ya.

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Blockchainisme
Blockchainisme
Blockchainisme adalah sebuah situs sebagai media informasi bagi para blockchain enthusiast Indonesia untuk lebih mengenal blockchain dan cryptocurrency.

#Artikel Lainnya

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan informasi GRATIS seputar Blockchain, Cryptocurrency, dan Airdrop. Subscribe sekarang, FREE !!!

Ledger Nano X - The secure hardware wallet
Media Belajar Crypto dan Informasi Seputar Blockchain, Blockchainisme, Indonesian Blockchain Enthusiast Media

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

Email
: hi@blockchainisme.com
Telegram: @TeamBlockchainisme
Phone: +62 89634805599

Advertise | Privacy Policy | Sitemap