Oleh : Blockchainisme

Review SafePal S1, Wallet Dengan Dukungan Binance

SafePal S1 merupkan hardware wallet aset kripto yang didukung dan diinvestasikan oleh Binance. Simak di sini review SafePal S1 untuk menjadi referensi kamu dalam memilih hardware wallet.
Review SafePal S1, Wallet Dengan Dukungan Binance
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Ledger dan Trezor, mungkin adalah 2 kata yang terpintas dipikiran kamu saat membahas hardware wallet aset kripto. Namun, di postingan ini kami akan memberikan referensi baru mengenai media penyimpanan aset digital lainnya, yaitu SafePal S1. Berikut review SafePal S1, untuk membantu pertimbangan kamu dalam memilih hardware wallet cryptocurrency terbaik.

Ancaman Keamanan Aset Kripto

Tahukah kamu jika setiap tahunnya telah terjadi banyak kejahatan yang menyasar aset kripto? Peretasan situs exchange market hingga kejahatan yang ditimbulkan oleh malware, merupakan contoh 2 kasus yang banyak merugikan para pengguna aset kripto.

Menurut artikel yang ditulis oleh Coindesk, total kerugian dari kejahatan aset kripto ini mencapai $1.4 miliar hanya dalam periode 5 bulan pertama di tahun 2020.

SafePal, Wallet Dengan Dukungan Binance, Waspada Kejahatan Crypto
Waspada kejahatan yang menyasar para pengguna aset kripto

Ini menjadi latar belakang sekaligus peluang, untuk lahirnya perusahaan-perusahaan yang memiliki kepedulian, serta fokus akan keamanan ekosistem aset kripto, seperti hardware wallet SafePal S1 yang kali ini akan kami review.

SafePal S1

SafePal S1 adalah produk hardware wallet pertama keluaran SafePal yang dapat membantu kamu untuk menyimpan aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dll dengan lebih aman.

SafePal S1 tergolong spesial karena produk ini merupkan hardware wallet pertama yang diinvestasikan oleh Binance. Siapa yang tidak kenal Binance sebagai situs exchange market cryptocurrency top dunia?

Video intro hardware wallet SafePal S1

Review SafePal S1

Hardware wallet SafePal S1 yang kami review merupakan unit yang dikirimkan langsung oleh SafePal. Pengiriman dilakukan dari China, dan butuh waktu 1 bulan (karena masa pandemi) hingga unit ini sampai ke tangan kami. Adapun pajak yang dikenakan sebesar Rp51.000.

Unboxing

Jika dibandingkan dengan box Ledger Nano X yang pernah kami review sebelumnya, box SafePal S1 ini terkesan lebih premium. Berwarna dasar hitam dengan tekstur leather (kulit).

Di dalam box ini kamu akan menemukan:

  • Unit SafePal S1.
  • Kabel USB-A to Micro-USB.
  • 3 lembar kertas recovery.
  • 2 lembar stiker
  • Panduan penggunaan
  • Kain pembersih
Review SafePal S1, Wallet Dengan Dukungan Binance, Unboxing SafePal S1
Unboxing SafePal S1

Spesifikasi

Untuk lebih jelas, di bawah ini adalah spesifikasi dari SafePal S1.

  • Dimensi: 8.6cm x 5.4cm x 0.6cm.
  • Layar: IPS 1.3 inch.
  • Tombol: D-Pad.
  • Kamera: Ya.
  • Tanpa WiFi, NFC, Bluetooth, atau komponen frekuensi sinyal lainnya.
  • Kompatibilitas: Android, iOS.
  • GitHub: https://github.com/safepal.

Fitur

Fitur-fitur yang tertanam di hardware wallet ini adalah sebagai berikut.

  • Komponen – Menggunakan chip bersertifikasi EAL5+ (chip yang sama digunakan dalam aplikasi seperti kartu kredit dan paspor).
  • 100% Offline – Meminimalisir risiko peretasan, karena perangkat ini tidak memiliki WiFi, NFC, Bluetooth, atau komponen frekuensi sinyal lainnya.
  • Keamanan – Dapat menghapus semua informasi secara otomatis saat percobaan peretasan dilakukan.

Dukungan Aset Kripto

Dukungan aset kripto di hardware wallet SafePal S1 ini tergolong cukup banyak. Produk ini mendukung 1.500 aset kripto dan tentu akan bertambah terus di masa depan.

Hardware Wallet Dengan Dukungan Binance, Support Cryptocurrency SafePal
Aset kripto yang didukung dan dapat disimpan di SafePal S1

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi website resmi SafePal.io.

Pendapat Kami

Jika box produk ini terasa premium, sebaliknya kami merasa unit hardware wallet ini terasa ringkih. Berbahan dasar plastik, dilapisi tempered glass, namun kesan fragile tetap masih terasa.

Hal ini dapat dimaklumi karena hardware wallet ini tidak semahal Ledger Nano X yang memiliki cover metal.

Kami juga lebih suka jika unit ini berwarna hitam doff ketimbang glossy, karena sangat fingerprint magnet. Namun, ini hanya masalah selera.

Di sisi lain, kami menyukai design tombolnya yang mudah untuk digunakan. LCD yang ditanamkan di SafePal S1 ini juga tergolong cukup baik dalam menampilkan informasi. Jauh dari kesan pixelated (terpikselasi) karena memiliki kerapatan pixel yang bagus.

Review SafePal S1, Wallet Dengan Dukungan Binance, Button SafePal S1
Tombol dan LCD SafePal S1 membuatnya menjadi hardware wallet yang user friendly

Saat membuat wallet baru di SafePal S1 ini, kamu dapat memilih jumlah frasa mnemonik yang kamu inginkan, 12 kata, 18 kata, dan 24 kata.

Kamu harus mencatat dan menyimpan frasa mnemonik ini di tempat yang aman. Kamu akan membutuhkannya untuk memulihkan wallet kamu kembali, jika suatu saat hardware wallet kamu rusak, dicuri, atau mengalami percobaan peretasan.

Kami tidak menemui hambatan yang berarti dalam penggunaan hardware wallet ini. User-friendly, bahkan kami hanya mengikuti pesan yang tertera di perangkat ini saja, tanpa perlu mencari tutorial lain di internet.

Review SafePal S1, Wallet Dengan Dukungan Binance, Setup dan Pairing SafePal S1
Proses pairing dengan memindai QR code untuk sinkronisasi perangkat mobile dan hardware wallet SafePal S1

Tips: Pastikan kamu memilih opsi pairing saat setup SafePal App di smartphone. Bukan create new wallet atau import wallet dari wallet baru yang kamu buat di perangkat SafePal S1 ini. Jika tidak, SafePal App dan hardware wallet kamu tidak akan tersinkronisasi.

Harga

Selama ini kami banyak menemukan produk hardware wallet yang mematok harga di rentang $50 – $200. Kami cukup kaget karena SafePal S1 dengan fitur dan spesifikasi seperti yang kami sebutkan di atas, dijual dengan harga $39.99.

Review SafePal S1 Hardware Wallet Dengan Dukungan Binance Harga SafePal S1
Harga SafePal S1 $39.99, termurah di kelasnya

Bagi kami, harga SafePal S1 ini sangat murah jika dibandingkan dengan para kompetitor di kelasnya. Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya melalui link ini.

Kesimpulan Review SafePal S1

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan, apa yang kami suka dan kurang suka dari hardware wallet SafePal S1 ini.

Review SafePal S1, Wallet Dengan Dukungan Binance, Kelebihan Kekurangan SafePal S1
Kelebihan dan Kekurangan SafePal S1

Kelebihan:

  • Nirkabel dan mobile friendly untuk kebutuhan transaksi.
  • Dukungan asset digital yang cukup banyak.
  • Harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya. Bebas biaya pengiriman juga saat membeli 2 unit atau lebih.
  • Kemudahan penggunaan karena memiliki layar LCD berwarna yang cukup enak untuk dipandang, kamera, dan tombol yang ringkas.
  • Dibackup oleh nama besar Binance.

Kekurangan:

  • Masih memerlukan kabel untuk melakukan update firmware.
  • Bahan yang terkesan ringkih, serta warna hitam glossy yang membuat hardware wallet ini akan penuh bekas sidik jari.

Demikian review SafePal S1 ini, semoga dapat menjadi referensi kamu dalam memilih sebuah hardware wallet untuk menyimpan asset kripto favoritmu.

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Terbaru

GRATIS! Daftarkan diri kamu untuk mendapatkan informasi cryptocurrency, airdrop terbaru, dan merchandise!

Blockchainisme

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Rangkuman informasi seputar blockchain, aset kripto, dan airdrop terbaru.

hi (at) blockchainisme.com

Awards

Indonesia Website Awards 2019, Site of the Month.