Review Ledger Nano X, Hardware Wallet Ledger Terbaru

Review Ledger Nano X, Hardware Wallet Ledger Terbaru

Pada artikel sebelumnya kami pernah membahas mengenai apa itu cold wallet. Ada banyak macam cold wallet, mulai dari paper wallet hingga hardware wallet. Nah, di artikel kali ini kami akan memberikan pembahasan sekaligus review Ledger Nano X yang menjadi produk harware wallet Ledger terbaru.

Review Ledger Nano X, Hardware Wallet Ledger Terbaru
Penampakan Ledger Nano X, hardware wallet Ledger terbaru

Terima kasih kepada Ledger Paris yang telah mengirimkan unit Ledger Nano X terbaru mereka untuk kami review. Review Ledger Nano X ini memang didukung oleh Ledger, namun kami berusaha mengulasnya tanpa informasi yang bias.

Video komersial Ledger Nano X

Profil Legder

Perkembangan dunia blockchain dan cryptocurrency sangat pesat. Banyak perusahaan dan startup blockchain yang lahir menjadi penanda kemajuan teknologi ini.

Perusahaan dan startup ini terus berpacu untuk menyediakan layanan dan produk inovatif untuk memudahkan adopsi blockchain. Ledger merupakan salah satu dari sekian banyak perusahan atau startup tersebut.

Logo Ledger Company, Logo Ledger
Logo Ledger

Ledger merupakan sebuah perusahaan IT yang menawarkan solusi keamanan dan infrastruktur untuk cryptocurrency. Ledger juga memiliki layanan aplikasi blockchain untuk perorangan dan perusahaan.

Ledger didirikan pada tahun 2014 saat hardware wallet dan sistem media penyimpanan bitcoin mulai diperhitungkan. Ledger kini telah memiliki lebih dari 130 karyawan yang tersebar di Paris, Vierzon, dan San Francisco.

Ledger Nano X, penerus Ledger Nano S

Ledger Nano S adalah salah satu produk hardware wallet Ledger terlaris yang diciptakan pada tahun 2016. Ledger Nano S sukses mengantarkan Ledger menjadi sebuah perusahaan produsen hardware wallet yang diperhitungkan.

Setelah 3 tahun berselang, Ledger mengeluarkan produk hardware wallet yang merupakan penerus Ledger Nano S, yaitu Ledger Nano X.

Generasi Penerus Ledger Nano S
Ledger Nano X, penerus seri Ledger Nano S

Ledger Nano X memiliki beberapa sisi pembaruan dari adiknya, seperti mobilitas, penyimpanan tambahan, layar lebih besar, dan fitur-fitur lainnya.

Apa itu Ledger Nano X?

Ledger Nano X adalah sebuah hardware wallet cryptocurrency terbaru yang diproduksi oleh Ledger. Hardware wallet merupakan perangkat yang dirancang untuk dapat menyimpan private key dari cryptocurrency secara offline di perangkat tersebut. Sederhananya, hardware wallet merupakan brankas yang berfungsi sebagai cold storage untuk cryptocurrency Anda.

Video perkenalan Ledger Nano X

Ledger Nano X support untuk banyak cryptocurrency, seperti BTC, XRP, ETH, BCH, EOS, XLM, LTC, TRX, ADA, MIOTA, BNB, XMR, DASH, NEO, ETC, ZEC, XTZ, WAVES, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cryptocurrency yang support di Ledger Nano X, Anda bisa mengunjungi halaman Supported Crypto Assets di website resmi Ledger.

Saat penulisan artikel ini, tercatat ada 1.184 macam cryptocurrency yang terdaftar dan dapat dikelola melalui produk-produk hardware wallet Ledger.

Unboxing Ledger Nano X

Paket yang kami terima langsung dari Ledger HQ di Paris. Kami sangat beruntung karena waktu pengirimannya yang sangat cepat, hanya 2 hari dari Paris menuju Bali dengan DHL Express. Dalam paket penjualan Ledger Nano X ini, Anda akan mendapatkan beberapa item sebagai berikut:

Review Ledger Nano X, Paket Penjualan Ledger Nano X
Kelengkapan paket penjualan Ledger Nano X
Review Ledger Nano X, Paket Penjualan Ledger Nano X
Kelengkapan paket penjualan Ledger Nano X
  • 1 x Unit Ledger Nano X
  • 1 x Kabel USB Type-C
  • 1 x Petunjuk manual
  • 3 x Lembar recovery (Tempat Anda mencatat frasa pemulihan akun)
  • 1 x Lembar sticker (2 Sticker logo Ledger beda warna)
  • 1 x Gantungan kunci

Review Ledger Nano X

Saat pertama kali menerima unit Ledger Nano X ini, hal pertama yang kami lihat adalah box-nya yang cukup compact, sedikit lebih kecil dari box smartphone. Dari packaging ini sudah terasa bahwa hardware wallet Ledger ini cukup eksklusif dan premium.

Kami sempat berpikir dengan bentuknya yang mirip USB Flashdisk, kemungkinan benda ini akan ringkih. Namun, saat memegangnya untuk pertama kali, benda ini terasa lebih berat. Kami dapat merasakan bahwa Ledger Nano X ini bahannya sangat kokoh, karena covernya terbuat dari metal yang solid.

Ledger Nano X memiliki ukuran dimensi 72mm x 18.6mm x 11.75mm, dengan berat hanya 34g, serta bermaterialkan stainless stell dan plastik.

Ledger Nano X memiliki dua tombol di sisi kanan dan kirinya yang berfungsi untuk berpindah menu (semacam tombol next dan back). Dua tombol ini juga berfungsi sebagai enter jika kedua tombol ini ditekan secara bersamaan. Untuk masuk ke control center atau shutdown perangkat ini, kedua tombol tersebut harus ditahan selama 3 detik secara bersamaan.

Review Ledger Nano X, Cara Setting Ledger Nano X
Dua tombol yang berfungsi sebagai tombol navigasi Ledger Nano X
Review Ledger Nano X, Cara Setting Ledger Nano X
Untuk memilih menu, tekan secara bersamaan kedua tombol yang ada
Review Ledger Nano X, Cara Setting Ledger Nano X
Tahan kedua tombol agak lama untuk masuk ke menu control center atau untuk shutdown Ledger Nano X Anda

Ledger Nano X dilengkapi dengan konektor USB Type-C, batre 100mAH, bluetooth, dan chip ST33J2M0 (secure) + STM32WB55 yang bersertifikasi CC EAL5+ (chip yang sama digunakan dalam aplikasi seperti kartu kredit dan paspor)

Ledger Nano X kompatibel dengan komputer desktop 64-bits (Windows 8+, macOS 10.8+, Linux) dan smartphone (iOS 9+ or Android 7+).

Cara Menggunakan Ledger Nano X

Di review Ledger Nano X ini kami tidak akan secara spesifik menjelaskan cara penggunaannya, karena di situs resmi Ledger telah disediakan secara detail cara menggunakan Ledger Nano X dan Ledger Nano S.

Untuk menghubungkan perangkat ini dengan komputer atau smartphone, Anda wajib install Ledger Live. Setup awal dari Ledger Nano X ini tergolong mudah karena user interface yang user friendly. Anda hanya tinggal mengikuti instruksi yang muncul di perangkat Ledger Nano X Anda.

Untuk instruksi setting lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi link cara menggunakan ledger Nano X di link ini.

Perbedaan Ledger Nano X dan Ledger Nano S

Perbedaan Ledger Nano X dan Ledger Nano S yang paling utama adalah pada sektor konektivitasnya. Ledger Nano X telah dilengkapi dengan buetooth. Ini memungkinkan Ledger Nano X dapat digunakan oleh orang-orang dengan mobilitas tinggi.

Perbedaan Hardware Wallet Ledger Terbaru dengan Seri S Sebelumnya
Perbedaan Ledger Nano X dan Ledger Nano S

Selain masalah konektivitas, memori juga mendapat jatah upgrade yang signifikan. Anda yang pernah menggunakan Ledger Nano S mungkin pernah bermasalah dengan memori saat menggunakannya. Ledger Nano S hanya mampu menyimpan 3-4 aplikasi secara bersamaan, sedangkan Ledger Nano X dapat menyimpan hingga 100 aplikasi secara bersamaan. Tidak akan ada lagi install-uninstall aplikasi untuk menghemat memori.

Memori yang lebih besar untuk hardware wallet Ledger terbaru
Memori Ledger Nano X mampu menyiman hingga 100 aplikasi cryptocurrency

Keamanan koneksi bluetooth Ledger Nano X

Anda mungkin bertanya mengenai bagaimana jika terjadi peretasan perangkat via bluetooth? Penambahan fitur bluetooth pada Ledger Nano X tidak akan membahayakan aset digital Anda.

Koneksi bluetooth bertugas untuk memungkinkan aplikasi di smartphone Anda untuk menyelesaikan transaksi di wallet Anda, bukan untuk memindahkan private key dalam sementara waktu.

Koneksi bluetooth yang terjadi juga terenkripsi. Seandainya koneksi bluetooth yang terjadi diretas, hacker juga akan memerlukan akses fisik ke pin dari perangkat Ledger yang Anda pegang. Dengan fitur keamanannya ini, tidak heran jika Ledger Nano X mendapatkan award di CES 2019 untuk kategori Cybersecurity and Personal Privacy.

Keamanan Bluetooth dari seri terbaru Hardware Wallet Ledger
Pemenang award di CES 2019 untuk kategori Cybersecurity and Personal Privacy

Bagaimana jika perangkat saya hilang?

Tenang, aset digital Anda akan tetap aman walau perangkat ini hilang. Anda dapat menggunakan 24 kata frasa pemulihan yang Anda tulis pada saat inisialisasi awal Ledger Nano X ini. Jadi, jangan sampai Anda kehilangan 24 kata frasa pemulihan tersebut. Simpanlah recovery sheet Anda di tempat yang aman dan layak.

Tempat jual Ledger Nano X di Indonesia

Belum ada gerai resmi tempat penjualan Ledger Nano X di Indonesia. Anda dapat mengunjungi Ledger.com untuk membeli perangkat ini. Anda juga dapat menemukan seller-seller di marketplace online seperti Bukalapak, Tokopedia, atau lainnya yang menjual Ledger Nano X di Indonesia.

Perlu dicatat bahwa Anda harus berhati-hati jika Anda memiliki keinginan untuk membeli Ledger Nano X bekas milik orang lain atau membeli Ledger Nano X di unauthorised reseller. Hal ini bisa saja membahayakan aset digital Anda jika perangkat tersebut telah dimodifikasi sebelumnya.

Harga Ledger Nano X

Harga Ledger Nano X di situs resminya adalah 119 EUR (Rp1.952.520). Ledger menawarkan free shipping untuk produknya. Jika Anda merasa harga tersebut mahal, Ledger masih memproduksi produk seri sebelumnya dengan harga yang lebih murah, namun dengan fitur yang tidak selengkap Ledger Nano X. Untuk harga Ledger Nano S dibanderol dengan harga 59 EUR (Rp968.056 IDR). Harga dalam rupiah bergantung pada kurs euro pada saat pembelian.

Tempat jual Ledger Nano X di Indonesia
Harga Ledger Nano X dan Ledger Nano S di situs resmi Ledger

Dari penelusuran kami di marketplace Indonesia, harga Ledger Nano X di Indonesia paling murah dihargai Rp2.399.000. Sedangakan untuk harga Ledger Nano S di Indonesia paling murah seharga Rp1.100.000.

Kesimpulan

Tidak akan adil jika kami tidak memaparkan pro dan kontra di review Ledger Nano X ini. Berikut kami memberikan ringkasan mengenai hal-hal yang dapat menjadi keunggulan dan kelemahan Ledger Nano X yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk memilikinya.

PRO

  • Konektivitas bluetooth yang belum banyak tersedia di produk hardware wallet lain. Tidak perlu repot untuk selalu terhubung dengan komputer, karena di smartphone pun kini bisa.
  • Instalasi dan setup awal yang mudah.
  • Memori lebih besar yang mampu menyimpan hinggaa 100 aplikasi cryptocurrency.
  • Merupkan flagship terbaru dari Ledger, sehingga update software dan firmware tentu akan diutamakan.

KONTRA

  • Harga yang masih relatif mahal, namun mengingat fitur dan keamanannya yang mumpuni, hal ini masih bisa diperdebatkan.

Demikian review Ledger Nano X yang bisa kami sampaikan, semoga bisa menjadi referensi Anda dalah memilih hardware wallet terbaik.

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

#Artikel Lainnya

BLOCKCHAINISME
Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

hi@blockchainisme.com
+62 89634805599