Benfica Menerima Cryptocurrency, Benfica Kerja Sama Dengan Utrust, Blockchain Kian Nyata

Benfica Menerima Cryptocurrency, Blockchain Kian Nyata

Berita baik tentang crypto datang dari dunia olahraga. Salah satu klub sepak bola besar Eropa, SL Benfica, dikabarkan menerima cryptocurrency sebagai media pembayaran. Klub raksasa asal Portugal ini memberikan akses kepada fans mereka untuk membeli tiket pertandingan, merchandise klub, dan produk lainnya yang dikeluarkan oleh klub ini dengan menggunakan cryptocurrency. Melaui pengumumannya, pihak klub Benfica menerima cryptocurrency untuk transaksi yang lebih murah, aman, dan cepat dibandingkan dengan metode pemabayaran online lainnya.

Namun, bagaimana pun juga pihak klub tidak akan menerima dan menyimpan cryptocurrency yang diperoleh di wallet mereka, karena akan langsung dikonversikan ke mata uang fiat pada hari yang sama. Cryptocurrency di sini hanya berperan sebagai payment gateway.

Utrust memungkinkan Benfica menerima cryptocurrency

Klub juara Liga Portugal ini telah bekerja sama dengan Utrust, sebuah perusahaan prosesor pembayaran cryptocurrency berbasis ethereum untuk melancarkan langkah ini. Selain penggunaan Token Utrust (UTK) itu sendiri, informasi dari sumber media online juga memberitakan bahwa klub Benfica menerima cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum di online store mereka.

Utrust mengumumkan kerja sama dengan SL Benfica. SL Benfica menerima cryptocurrency untuk pembayaran produk-produk mereka

Langkah Benfica menerima cryptocurrency ini tampaknya menjadi yang pertama untuk sebuah klub sepak bola besar di Eropa. Klub peserta Liga Champions Eropa ini mengklaim bahwa teknologi Utrust akan mampu memberikan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi menggunakan cryptocurrency. Utrust memiliki kemampuan dalam menyediakan konversi crypto dan fiat secara instan. Hal tersebut dianggap dapat memberikan proteksi bagi kedua belah pihak yang bertransaksi terkait volatilitas nilai aset yang digunakan untuk bertransaksi.

Pihak klub menambahkan, dengan peluncuran Utrust sebagai solusi pembayaran dengan cryptocurrency, diharapkan dapat mengembangkan strategi e-commerce sekaligus melebarkan sayap ke fans global dari klub yang bermarkas di Estádio da Luz ini.

Pernyataan senada disampaikan oleh CEO Utrust, Nuno Correia. Dia menyampaikan bahwa kerja sama Utrust dengan Benfica merupakan sebuah pencapaian besar untuk mereka dan ekosistem blockhain. Mereka menyatakan senang dengan diberikannya kepercayaan untuk melayani pembayaran dengan cryptocurrency kepada 14 Juta supporter Benfica di seluruh dunia.

Dengan segala keuntungan yang dapat diperoleh oleh klub, tentu Benfica menerima cryptocurrency ini juga dapat menjadi trigger positif untuk perkembangan blockchain dan cryptocurrency di masa depan. Melalui jutaan supporter yang dimiliki, pihak klub secara tidak langsung dapat membantu mempermudah adopsi blockchain dan cryptocurrency ke publik. Di sisi lain, langkah ini bisa menjadi strategi bisnis positif yang dapat ditiru oleh klub-klub sepak bola besar, atau bahkan klub-klub olahraga potensial lainnya di dunia.

Kerja sama tiga klub sepak bola sebelumnya

Sementara itu, diberitakan juga sebelumnya bahwa tiga klub sepak bola raksasa lainnya, yaitu Juventus (Italia), Paris Saint Germain (Prancis), dan West Ham United (Inggris), telah menjalin kesepakatan dengan Socios untuk meluncurkan token bagi fans mereka. Socios merupakan sebuah mobile app sebagai platform untuk para fans sepak bola.

Tampilan situs Socios yang bekerja sama dengan tim besar Eropa, seperti Juventus, Paris Saint Germain, dan West Ham United
Tampilan situs Socios yang bekerja sama dengan tim besar Eropa, seperti Juventus, Paris Saint Germain, dan West Ham United

Berdasarkan informasi yang ada di situs Socios, token fans akan tersedia untuk dapat dibeli pada musim depan. Token fans ini hanya akan tersedia di situs Socios.com. Nantinya, token-token fans ini dapat diperdagangkan dengan Token ChiliZ (CHZ), token bawaan dari platform tersebut. Akan ada token fans dan CHZ gratis juga untuk dapat dikumpulkan saat mobile app mereka telah tersedia untuk diunduh pada awal kuartal ketiga (Q3) 2019.

Socios mengklaim telah mengumpulkan dana lebih dari $66 Juta, termasuk investasi dari exchange market besar seperti Binance dan pendana crypto asal Asia yang masih dirahasiakan.

Diperkirakan, penjualan token nantinya dapat menjadi sebuah metode baru yang berharga bagi klub sepak bola kecil untuk mengumpulkan dana guna kepentingan pengembangan akademi, stadion, serta membeli pemain dan pelatih dengan kualitas yang lebih baik.

Pendanaan klub sepak bola tanah air

Di Indonesia sendiri, klub sepak bola nasional Bali United baru-baru ini telah mengumumkan pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) untuk dapat mengumpulkan dana segar demi pengembangan dan kemajuan klub yang bermarkas di Gianyar ini. IPO Bali United dilaksanakan pada tanggal 10-12 Juni lalu. Langkah ini merupakan yang pertama bagi klub sepak bola nasional. Melalui nama PT Bali Bintang Sejahtera TBK, Bali United terus berkembang menjadi klub sepak bola modern tanah air. Saham perseroan ini nantinya akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan ticker BOLA pada tanggal 17 Juni 2019.

Yabes Tanuri (CEO Bali United) saat IPO Bali United

Memang tidak ada hubungannya dengan crypto, tetapi ini mengindikasikan bahwa kini dunia olahraga semakin merakyat dengan dilibatkannya publik untuk pendanaan klub kebanggaan mereka. Tidak akan heran jika kedepannya startup-startup seperti Utrust dan Socios bisa melebarkan sayapnya hingga ke Indonesia untuk membantu memudahkan tim-tim lokal dalam mendapatkan dana segar dari fans mereka.

Kategori : ,

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Blockchainisme
Blockchainisme
Blockchainisme adalah sebuah situs sebagai media informasi bagi para blockchain enthusiast Indonesia untuk lebih mengenal blockchain dan cryptocurrency.

#Artikel Lainnya

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan informasi GRATIS seputar Blockchain, Cryptocurrency, dan Airdrop. Subscribe sekarang, FREE !!!

Ledger Nano X - The secure hardware wallet
Media Belajar Crypto dan Informasi Seputar Blockchain, Blockchainisme, Indonesian Blockchain Enthusiast Media

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

Email
: hi@blockchainisme.com
Telegram: @TeamBlockchainisme
Phone: +62 89634805599

Advertise | Privacy Policy | Sitemap