Kategori :
Oleh : Blockchainisme

Pengertian Airdrop dan Cara Dapat Airdrop Terbaru

Airdrop merupakan cara ampuh untuk mengumpulkan cryptocurrency secara GRATIS. Berikut kami ulas pengertian apa itu airdrop dalam dunia cryptocurrency dan bagaimana cara mendapatkan airdrop terbaru yang legit.
Pengertian Airdrop dan Cara Dapat Airdrop Terbaru
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Istilah airdrop mungkin tidak asing bagi kamu yang hobi bermain game dengan genre battle royale seperti PUBG, Fortnite, atau Free Fire. Namun, kami yakin kamu berada di sini bukan untuk itu, melainkan mengenal apa itu airdrop cryptocurrency dan bagaimana cara mendapatkan airdrop terbaru.

Airdrop cryptocurrency

Konsep airdrop di dalam dunia game dan airdrop crypto kurang lebih sama. Airdrop merupakan supply gratis yang bisa diperoleh oleh siapa saja.

Jika di dalam game para player berebut untuk menjadi yang tercepat untuk mendapatkan supply senjata-senjata favorit, di dalam dunia aset digital ini para airdrop hunter berebut untuk mendapatkan airdrop terbaru. Tidak jarang koin atau token yang diperoleh memiliki potensi kenaikan harga yang tinggi. Airdrop crypto yang potensial ini biasa disebut airdrop legit oleh para pemburu airdrop.

Paham sejauh ini? Jika masih bingung dengan apa itu airdrop, berikut adalah pengertian airdrop crypto yang lebih detail.

Pengertian airdrop crypto

Airdrop crypto adalah salah satu cara yang cukup populer dilakukan oleh tim pengembang dari suatu project blockchain untuk mendistribusikan produk cryptocurrency mereka.

Airdrop cryptocurrency biasanya dibagikan secara gratis ke komunitas cryptocurrency dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh developer.

Pengertian Apa Itu Airdrop dan Cara Dapat Airdrop Terbaru
Airdrop merupakan cara efektif untuk promosi dan distribusi cryptocurrency baru

Airdrop dinilai menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam menggaet pengguna. Dengan mendistribusikan crypto secara gratis lewat airdrop, developer bisa mempromosikan produknya dengan biaya yang relatif lebih murah.

Secara tidak langsung, airdrop dapat membangun sebuah komunitas pengguna produk cryptocurrency mereka. Para airdrop hunter yang menjadi partisipan dari event airdrop ini juga dapat membantu developer dalam meningkatkan awereness, eksistensi, serta percepatan adopsi dari aset kripto baru tersebut.

Tentu hal ini menjadi sebuah win-win solution untuk para airdrop hunter dan developer. Kamu tentu ingin mendapatkan cryptocurrency gratis bukan? Berburu airdrop terbaru adalah salah satu solusinya.

Sejarah airdrop cryptocurrency

Tercatat Auroracoin (AUR) menjadi cryptocurrency pertama yang didistribusikan melalui airdrop. 50% dari total supply AUR dibagikan kepada penduduk Islandia yang menginputkan data kependudukan mereka.

Pada 25 Maret 2014, Airdrop Auroracoin dibagikan sebesar 31.8 AUR per data yang diinputkan oleh partisipan. Auroracoin diciptakan sebagai mata uang alternatif untuk mengatasi krisis ekonomi sebagai imbas dari pembatasan pemerintah setempat terhadap króna Islandia (mata uang Islandia), yang berlaku sejak 2008.

Sejarah Airdrop Pertama Yang Didistribusikan, Auroracoin (AUR)
Auroracoin (AUR) merupakan cryptocurrency pertama yang mengadakan airdrop

Cara mendapatkan airdrop crypto

Untuk mendapatkan airdrop crypto, biasanya peserta diwajibkan oleh developer untuk melakukan tugas-tugas ringan seperti halnya ikut mempromosikan aset digital baru tersebut.

Tugas-tugas ringan ini biasanya hanya sekedar promosi lewat sosial media, bergabung di dalam group telegram resmi mereka, atau melakukan registrasi di platform terkait. Ada juga developer yang mewajibkan peserta untuk memiliki cryptocurrency tertentu sebagai syarat untuk menerima airdrop.

Token atau koin gratis dari airdrop crypto

Airdrop crypto kebanyakan membagikan cryptocurrency berupa token yang berbasis blockchain ethereum, tron, waves, atau lainnya. Masih jarang ada airdrop yang membagikan koin digital dengan blockchainnya sendiri.

Kamu wajib memiliki wallet sesuai teknologi blockchain yang digunakan oleh koin atau token airdrop tersebut. Jika airdrop terbaru yang kamu ikuti tersebut berbasis teknologi blockchain ethereum, kamu perlu membuat wallet ethereum terlebih dahulu.

Pergunakan web wallet seperti MyEtherWallet untuk menyimpan koin atau token hasil airdrop kamu. Kamu juga bisa menggunakan wallet mobile seperti Trust Wallet yang tersedia untuk iOS dan Android.

Jangan pergunakan wallet ethereum yang didapatkan dari exchange market, karena dijamin 100% airdrop kamu tidak akan dapat ditampung. Untuk langkah-langkah mengikuti airdrop lebih detail akan kami bahas di artikel selanjutnya.

Tips mendapatkan airdrop terbaru

Menemukan event airdrop terbaru sebenarnya tidak sulit. Dengan mengetikkan kata kunci seperti “airdrop terbaru” atau “new airdrop” di google, kamu akan disediakan beberapa situs yang mendaftar event-event airdrop crypto terbaru yang diadakan oleh startup-startup blockchain.

Situs seperti airdropalert.com dan airdrops.io bisa kamu kunjungi untuk menemukan daftar airdrop terbaru yang sedang berlangsung. Kamu juga bisa mengunjungi forum atau group airdrop di media sosial untuk menemukannya.

Jika kamu pengguna Telegram, kamu bisa dengan mudah menemukan channel airdrop atau bot-bot airdrop telegram. Di sana kamu akan diberikan notifikasi tentang airdrop terbaru layak dipertimbakan untuk diikuti.

Sering-seringlah memantau informasi terupdate seputar airdrop jika kamu tidak ingin ketinggalan gerbong. Kuota pembagian airdrop biasanya terbatas. Siapa cepat, dia dapat.

Cara Dapat Airdrop Terbaru, Anda Bisa Subcribe Situs Blockchainisme
Tampilan dari situs Airdropalert.com, tempat dimana kamu bisa mendapatkan informasi airdrop terbaru

Apakah airdrop terbaru selalu legit?

Tidak ada jaminan bahwa airdrop crypto yang baru launching akan memiliki potensi harga yang tinggi jika dijual. Ada banyak faktor yang mesti dipertimbangkan.

Faktor komunitas masih menjadi nilai yang kuat untuk menentukan kesuksesan airdrop tersebut. Komunitas yang hidup dan aktif akan menciptakan supply and demand yang hidup juga.

Supply and demand ini yang berpotensi untuk menjadikan suatu koin atau token hasil airdrop menjadi bernilai kedepannya, dan dikategorikan sebagai airdrop legit.

Subscribe Blockchainisme untuk info airdrop terbaru

Jika kamu tipe orang yang malas untuk mencari tahu, kamu bisa Subscribe situs ini. Kami merangkum dan akan mengirimkan informasi mengenai beberapa airdrop terbaru, airdrop legit, yang layak untuk diikuti. Semua informasi akan kami kirim secara ekslusif, langsung ke email kamu.

Daftarkan nama, email, dan id telegram kamu di formulir langganan yang kami sediakan di halaman ini. Langganan ini GRATIS!

Kesimpulan

Untuk mengikuti suatu airdrop, kamu wajib mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

  • Apa teknologi dibalik produk cryptocurrency tersebut?
  • Apakah produk mereka relevan untuk diaplikasikan kedepannya?
  • Bagaimana komunitas dari startup yang bersangkutan?
  • Siapa dan bagaimana latar belakang dibalik tim pengembang cryptocurrency tersebut?
  • Siapa saja pendukungnya?
  • Kerja sama apa saja yang telah dilakukan?

Selain hal-hal di atas, kamu juga sebaiknya mempelajari produk ataupun jasa dari startup blockchain tersebut lebih mendalam melalui whitepapernya.

Analisis fundamental seperti itu mungkin akan sangat membantu kamu untuk memutuskan mengikuti airdrop cryptocurrency tersebut. Jangan sampai kamu sibuk dengan airdrop scam yang berujung membuang-buang waktu saja.

FAQ airdrop crypto

Rangkuman pertanyaan serta jawaban seputar airdrop crypto untuk para pengunjung yang malas membaca :p

Apa itu airdrop crypto?

Airdrop crypto adalah kegiatan yang dilakukan oleh tim pengembang dari suatu project blockchain untuk mendistribusikan produk cryptocurrency mereka.

Apakah cryptocurrency dari airdrop bisa diperoleh secara gratis?

Pada umumnya, cryptocurrency dibagikan secara gratis lewat airdrop. Kamu hanya butuh menyelesaikan tugas-tugas ringan untuk mendapatkannya. Namun ada juga airdrop yang mengharuskan kamu untuk memiliki cryptocurrency tertentu terlebih dahulu.

Mengapa airdrop crypto banyak dilakukan?

Airdrop crypto dianggap sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam menggaet pengguna. Dengan mendistribusikan cryptocurrency secara gratis lewat airdrop, developer bisa mempromosikan produknya dengan biaya yang relatif lebih murah.

Bagaimana cara mendapatkan airdrop crypto?

Cara mendapatkan airdrop crypto berbeda-beda sesuai ketentuan dari project crypto yang kamu ikuti. Biasanya kamu hanya perlu mennyelesaikan tugas-tugas ringan seperti, promosi lewat sosial media, bergabung di dalam group telegram resmi mereka, atau melakukan registrasi di platform terkait.

Dimana saya bisa tahu informasi airdrop terbaru?

Kamu bisa mengunjungi situs seperti airdropalert.com, airdrops.io, atau bergabung di forum maupun media sosial seputar cryptocurrency. Kamu juga bisa subscribe Blockchainisme.com untuk informasi update seputar event airdrop terbaru.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti airdrop crypto?

Wallet crypto (sesuai dengan teknologi blockchain yang digunakan oleh cryptocurrency yang bersangkutan), media sosial, dan akun telegram.

Apa yang perlu diperhatikan sebelum mengikuti airdrop crypto?

Kamu wajib mengenali produk dari cryptocurrency yang sedang mengadakan airdrop tersebut. Jangan membuang-buang waktu untuk mengikuti airdrop yang jelas-jelas tidak masuk akal dan scam.

Demikian pembahasan mengenai pengertian airdrop serta cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan airdrop terbaru. Semoga bermanfaat dan selamat berburu!

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Terbaru

GRATIS! Daftarkan diri kamu untuk mendapatkan informasi cryptocurrency, airdrop terbaru, dan merchandise!

Blockchainisme

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Rangkuman informasi seputar blockchain, aset kripto, dan airdrop terbaru.

hi (at) blockchainisme.com

Awards

Indonesia Website Awards 2019, Site of the Month.