Panduan Lengkap: Cara Membeli Bitcoin di Indonesia

Panduan Lengkap Cara Membeli Bitcoin BTC di Indonesia
Panduan ini akan membantumu memahami apa itu Bitcoin, cara membeli Bitcoin, hingga regulasi dan pajak kripto yang berlaku di Indonesia.

iklan

Bitcoin !BTC-post sebagai salah satu mata uang kripto terkemuka di dunia, semakin populer di Indonesia. Banyak orang ingin memulai perjalanan investasi mereka dengan membeli Bitcoin. Namun, bagaimana cara melakukannya dengan benar di Indonesia? Inilah panduan lengkap tentang cara membeli Bitcoin di Indonesia.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin itu seperti uang digital yang spesial. Kamu tentu tahu paham tentang mata uang, seperti rupiah atau dolar, Bitcoin adalah seperti itu juga, cuma bedanya dia ada di komputer.

Membeli BTC Dengan Rupiah, Apa Itu BTC
Apa itu Bitcoin?

Jadi, bayangkan Bitcoin itu seperti koin digital yang kamu simpan di wallet elektronikmu. Ini tidak nyata seperti uang kertas atau koin, tapi dikunci dalam sesuatu yang disebut blockchain. Blockchain itu ibarat buku besar yang mencatat semua transaksi Bitcoin.

iklan

Setiap kali seseorang mengirim Bitcoin ke orang lain, itu dicatat di buku besar ini, jadi semua orang tahu siapa punya Bitcoin berapa, dikirim kemana, atau menerima dari mana, dengan catatan identitasmu tetap terjaga, orang lain hanya tahu alamat wallet Bitcoinnya, bukan pemiliknya. Teknologi blockchain inilah yang membuat Bitcoin aman dan transparan.

Jadi, singkatnya, Bitcoin itu uang digital yang disimpan di komputer, dan blockchain adalah buku besar yang mencatat semua gerakannya.

Mempersiapkan Diri Sebelum Pertama Kali Membeli Bitcoin

Membeli Bitcoin di Indonesia tidaklah sulit. Namun, sebelum kamu bisa membeli Bitcoin, kamu perlu mempersiapkan diri. Pertama, kamu harus mendaftar di tempat khusus yang disebut bursa kripto. Mereka ingin tahu siapa kamu, jadi kamu perlu memberi tahu mereka. Hal ini disebut “Know Your Customer” (KYC).

Beli Bitcoin Perlu KYC, Daftar Bursa Kripto Perlu KYC
Mempersiapkan diri sebelum pertama pali membeli Bitcoin
  • Mendaftar di Bursa Kripto.
    Mendaftar di bursa kripto itu seperti membuat akun di situs jual-beli online pada umumnya. Mereka ingin tahu siapa kamu, jadi kamu perlu memberikan data pribadi seperti nama dan alamat.
  • Memeriksa Persyaratan KYC.
    Lewat KYC ini, bursa kripto ingin memastikan kamu orang yang sah dan jujur. Jadi, kamu perlu memberikan bukti identitas, seperti foto KTP atau paspormu. Ini untuk melindungi kamu dan orang lain di dunia kripto.
  • Mengunduh dan Menginstal Dompet/Wallet Kripto.
    Kamu sebaiknya punya tempat khusus untuk menyimpan Bitcoinmu. Kamu perlu mengunduh aplikasi wallet kripto yang terdesentralisasi. Catat kunci pribadi (private key) dan frasa pemulihan (seed phrase).

    Sebenarnya, kamu bisa saja menyimpan Bitcoinmu di wallet yang disediakan oleh bursa kripto, tapi itu tidak disarankan karena bursa kripto sifatnya tersentralisasi. Jadi, jika suatu waktu bursa kripto tersebut bermasalah, misalnya dihack, maka Bitcoin kamu tentu saja akan hilang.

Setelah semua ini dilakukan, kamu siap untuk membeli Bitcoin. Persiapan ini penting untuk memastikan semua berjalan lancar dan aman.

Memilih Bursa Kripto Terpercaya Untuk Membeli Bitcoin

Sekarang setelah kamu sudah mempersiapkan diri, langkah berikutnya adalah memilih bursa kripto yang terpercaya. Bursa kripto adalah tempat di mana kamu bisa membeli Bitcoin dan jenis kripto lainnya. Ini seperti memilih toko yang aman dan terkenal di mana kamu bisa berbelanja dengan nyaman.

Panduan Lengkap Cara Membeli Bitcoin di Indonesia, Memilih Bursa Kripto Terpercaya Untuk Membeli Bitcoin
Memilih bursa kripto terpercaya untuk membeli Bitcoin
  • Lakukan Riset Sebelum Memilih Bursa Kripto.
    Ada banyak bursa kripto di luar sana, dan beberapa lebih terkenal dan terpercaya daripada yang lain. Ini seperti memilih toko yang sudah dikenal banyak orang karena layanan baiknya. Kamu perlu melihat ulasan dan reputasi bursa kripto untuk memastikan kamu memilih yang terbaik.
  • Cara Memilih Bursa yang Paling Cocok untuk Kamu.
    Setiap bursa kripto pasti punya kelebihan dan kekurangan. Beberapa bursa mungkin menawarkan biaya yang lebih rendah, sementara yang lain mungkin menonjol dengan beragam fitur dan pilihan kripto yang ditawarkan. Kamu perlu mempertimbangkan faktor-faktor ini dan memilih bursa yang paling cocok untukmu.

Mencari bursa kripto yang terpercaya untuk membeli Bitcoin di Indonesia adalah hal yang penting. Ini seperti memilih tempat berbelanja yang aman dan nyaman. Di Indonesia, mungkin Indodax masih menjadi yang terbesar. Sedangkan, secara internasional, Binance masih menjadi rajanya. Dua bursa kripto ini bisa kamu jadikan pertimbangan.

Pastikan kamu memilih bursa yang kamu percayai dan sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah itu, kamu siap untuk membeli Bitcoin pertamamu.

Melakukan Pembelian Bitcoin Untuk Pertama Kalinya

Setelah kamu mempersiapkan diri dan memilih bursa kripto, saatnya untuk membeli Bitcoin pertamamu. Di sini, kita akan membahas cara melakukan pembelian Bitcoin secara garis besarnya.

Panduan Lengkap Cara Membeli Bitcoin di Indonesia, Melakukan Pembelian Bitcoin Untuk Pertama Kalinya
Melakukan pembelian Bitcoin untuk pertama kalinya
  • Mulai Membeli Bitcoin di Bursa Kripto.
    Pertama, kamu harus masuk ke akunmu di bursa kripto yang kamu pilih. Di bursa kripto kamu bisa bertindak sebagai pembeli ataupun penjual. Di kondisi ini, kamu bertindak sebagai pembeli, karena kamu dalam posisi ingin membeli Bitcoin. Tentukan berapa banyak Bitcoin yang ingin kamu beli dan berapa banyak uang Rupiah yang akan kamu bayarkan.

    Ingat, Bitcoin tidak harus dibeli dalam jumlah bulat. Kamu bahkan bisa membeli hanya 0,0001 BTC, 0,00005 BTC, atau nominal lainnya yang kamu inginkan.
  • Mengevaluasi Berbagai Opsi Pembayaran.
    Kamu perlu menentukan cara kamu akan membayar Bitcoinmu. Pilih yang sesuai dengan kemudahan dan keamananmu. Banyak bursa kripto punya opsi berbeda, seperti transfer bank, wallet digital, atau menggunakan kripto lainnya.

    Kamu saat ini sedang membaca cara membeli Bitcoin di Indonesia, kemungkinan besar kamu sedang berencana untuk membeli Bitcoin dengan rupiah. Jadi, pastikan bursa kripto yang kamu tuju memang menerima deposit dan penarikan dalam rupiah.

    Ini sama seperti kamu ingin berbelanja di toko online. Kamu perlu melakukan top up saldo di akunmu dengan pilihan pembayaran yang kamu mau, lalu kamu bisa menggunakannya untuk membeli barang yang kamu mau.
  • Menghindari Penipuan dan Tindakan Keamanan.
    Ingat, selalu waspada terhadap penipuan dan jaga keamanan akunmu. Jangan memberikan informasi pribadi atau kata sandi kepada siapa pun yang mencurigakan. Pastikan selalu bertransaksi dengan bursa kripto yang terpercaya.

Sekarang kamu telah mengetahui gambaran cara melakukan pembelian Bitcoin pertamamu. Setelah kamu menyelesaikan pembelian, Bitcoinmu dapat disimpan di wallet kripto yang sudah kamu siapkan.

Kamu juga bisa mennyimpannya di wallet bursa kripto tersebut jika kamu berniat untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek dari proses jual-beli Bitcoinmu. Hanya saja, jika kamu berniat untuk membeli dan menjadikannya investasi untuk jangka waktu yang lama, disarankan untuk menyimpan Bitcoin di wallet Bitcoin terdesentralisasi.

Mengelola dan Menyimpan Bitcoin

Setelah kamu berhasil membeli Bitcoin, sekarang kamu harus tahu cara mengelolanya dan menyimpannya dengan aman.

Panduan Lengkap Cara Membeli Bitcoin di Indonesia, Mengelola dan Menyimpan Bitcoin
Mengelola dan menyimpan Bitcoin
  • Cara Mengelola Bitcoin.
    Penting untuk memahami cara melihat saldo Bitcoinmu dan melacak transaksimu. Kamu bisa melihatnya di aplikasi wallet kriptomu atau di bursa di mana kamu membeli Bitcoin.

    Kamu juga bisa menggunakan situs block explorer seperti Blockchair.com untuk mendapatkan info mengenai aktivitas transaksi dari wallet Bitcoinmu atau orang lain.
  • Pilihan Wallet Kripto dan Keamanannya.
    Sekarang kamu harus memilih wallet kripto yang aman untuk menyimpan Bitcoinmu. Ada wallet online dan offline, ada wallet yang berbayar dan gratis. Kamu bisa melihat beberapa pilihan wallet Bitcoin di situs Bitcoin.org.

    Jika kamu tidak mau ribet, wallet mobile seperti TrustWallet juga bisa diandalkan. Yang terpenting, catat private key dan seed phrasemu, dan simpan ditempat yang aman.

    Ada banyak orang yang kehilangan Bitcoinnya karena mencatat private key dan seed phrase di smartphone atau komputernya. Kamu tentu tidak ingin kehilangan Bitcoinmu karena smartphone atau komputermu bermasalah, bukan?

Sekarang kamu tahu cara mengelola dan menyimpan Bitcoinmu dengan aman. Ingat, Bitcoin adalah seperti aset berharga yang perlu dijaga. Jika kamu merawatnya dengan baik, kamu dapat memiliki investasi yang aman dan berkembang seiring waktu. Jaga keamanan dan privasimu dengan baik untuk pengalaman yang lebih baik.

Strategi Investasi Bitcoin

Sekarang kamu sudah memiliki Bitcoin, penting untuk memahami bagaimana kamu bisa mengelolanya sebagai investasi. Ini seperti merawat tumbuhan yang kamu tanam. Dengan strategi investasi Bitcoin yang baik, kamu dapat meraih hasil yang lebih baik dari Bitcoinmu.

Panduan Lengkap Cara Membeli Bitcoin di Indonesia, Strategi Investasi Bitcoin
Strategi investasi Bitcoin
  • Memahami Nilai Bitcoin.
    Kamu tentu tahu bahwa nilai Bitcoin bisa naik dan turun. Ini seperti harga barang di pasar yang selalu berubah. Jadi, kamu perlu memantau harga Bitcoin dan memahami trennya. Ini akan membantumu membuat keputusan investasi yang lebih cerdas.
  • Pertimbangan Jangka Panjang atau Jangka Pendek.
    Kamu perlu memikirkan apakah ingin berinvestasi Bitcoin untuk jangka panjang atau jangka pendek. Jangka panjang seperti menanam benih dan menunggu pohon tumbuh besar. Jangka pendek seperti membeli dan menjual dalam waktu singkat. Pilih strategi yang sesuai dengan tujuan dan keadaan finansialmu.
  • Diversifikasi Portofolio Kamu.
    Sebagai seorang investor, diversifikasi portofoliomu bisa membantu mengurangi risiko. Ini seperti memiliki berbagai jenis tanaman di kebunmu, bukan hanya satu. Diversifikasi bisa membantu melindungi investasimu. Kamu bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam jenis kripto lain atau biasa disebut Alternative Coin (Altcoin).

    Altcoin merujuk pada kripto lainnya selain Bitcoin. Ada banyak altcoin saat ini. Ethereum (ETH), Dogecoin (DOGE), Chainlink (LINK), Cardano (ADA), dan Binance Coin (BNB) adalah beberapa contohnya. Kamu bisa mengunjungi situs Coinmarketcap untuk melakukan riset tentang altcoin ini. Cara membeli Altcoin di Indonesia sama saja seperti cara membeli Bitcoin.

Dengan memahami strategi investasi, kamu dapat merencanakan cara terbaik untuk mengelola investasi Bitcoinmu. Ingatlah bahwa investasi kripto melibatkan risiko, jadi selalu lakukan riset dan pertimbangan dengan baik sebelum membuat keputusan.

Pajak dan Regulasi Bitcoin di Indonesia

Penting untuk memahami aturan pajak dan regulasi terkait transaksi jual-beli Bitcoin di Indonesia. Dalam bagian ini, kita akan membahas pajak dan regulasi terkait kripto di Indonesia.

Panduan Lengkap Cara Membeli Bitcoin di Indonesia, Pajak dan Regulasi Bitcoin di Indonesia
Pajak dan regulasi Bitcoin di Indonesia
  • Tentang Pajak Kripto di Indonesia.
    Saat ini, banyak orang di berbagai negara mencari uang dari kripto. Oleh karena itu, pemerintah ingin menerapkan pajak pada kripto, termasuk NFT. Bappebti mengatakan pajak ini penting karena bisa menjadi insentif untuk mendorong investor asing ikut bermain di pasar kripto Indonesia.

    Pemerintah memutuskan untuk mengenakan pajak PPN dan PPh pada transaksi kripto karena potensi pendapatan negara yang tinggi dari sektor ini. Aturan ini ada dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 68/2022 tentang PPN dan PPh untuk transaksi perdagangan kripto.

    Aturan ini diumumkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pada tanggal 30 Maret 2022 lalu. Aturan ini sudah mulai berlaku sejak tanggal 1 Mei 2022 lalu. Jadi, kalau kamu membeli Bitcoin di Indonesia hari ini, sudah pasti kena pajak ya.
  • Mengikuti Perkembangan Regulasi Kripto Terbaru.
    Regulasi terkait kripto bisa berubah seiring waktu. Kamu perlu selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam peraturan terkait kripto di Indonesia. Ini akan membantumu memahami bagaimana regulasi dapat memengaruhi investasi Bitcoinmu.

Dengan memahami pajak dan regulasi kripto, kamu dapat menghindari masalah hukum dan keuangan yang bisa saja timbul dari investasi Bitcoin yang kamu lakukan. Pastikan untuk mematuhi aturan yang berlaku dan selalu berada dalam ketaatan. Ini akan membantu menjaga investasimu tetap aman dan legal.

Penutup

Setelah membaca panduan cara membeli Bitcoin ini, diharapkan kamu bisa merasa lebih percaya diri dan memahami cara membeli Bitcoin di Indonesia dengan benar.

Dengan banyaknya pilihan bursa kripto di Indonesia, regulasi kripto Indonesia yang cukup jelas, bahkan pajak kripto yang sudah diatur oleh pemerintah, tentunya ini bisa meningkatkan kepercayaan kamu tentang Bitcoin sebagai instrumen investasi.

Panduan ini bukanlah sebuah nasihat investasi. Investasi kripto selalu melibatkan risiko. Penting untuk melakukan riset mendalam dan berkonsultasi dengan profesional keuangan jika diperlukan. Pastikan juga untuk selalu memperbarui informasi terkait peraturan dan praktik terbaik di pasar kripto.

Post Terkait