Oleh : Blockchainisme

Perdagangan Kontrak Derivatif dan Perdagangan Spot

Simak sampai akhir, di sini akan dijelaskan perbedaan perdagangan kontrak derivatif (contract trading) dan perdagangan spot (spot trading) aset kripto.
Perdagangan Kontrak Derivatif dan Perdagangan Spot di Bityard
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Bityard adalah bursa perdagangan kontrak derivatif cryptocurrency terkemuka di dunia, yang sepenuhnya diatur dan sesuai dengan hukum internasional, dengan aktivitas utama dalam kontrak cryptocurrency dengan leverage dan pertukaran derivatif.

Untuk kamu yang belum tahu tentang Bityard, kamu bisa membaca artikel kami lebih lanjut yang menjelaskan tentang Bityard.

Bityard, Bursa Perdagangan Aset Kripto Digital Terkemuka Dunia, Spot Trading, Contract Trading, Derivatif
Bityard, bursa perdagangan aset kripto terkemuka dunia

Perdagangan Kontrak

Perdagangan kontrak atau biasa disebut dengan istilah contract trading adalah metode perdagangan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari volatilitas pasar.

Metode ini memungkinkan pengguna untuk memprediksi apakah harga suatu aset akan naik atau turun, yang melibatkan leverage. Pedagang tidak membeli atau menjual aset, hanya berspekulasi dengan harga dan memperkirakan apakah akan turun atau naik.

Contract trading berbeda dengan perdagangan di spot market, karena instrumen perdagangan yang disebut kontrak memungkinkan investor untuk berdagang pada pergerakan harga aset atau komoditas fisik tanpa harus memiliki aset tersebut terlebih dahulu. Hanya melibatkan kontrak saja.

Kamu bisa mengambil posisi jual walau belum membeli, tidak sama seperti spot trading dimana kamu harus memilikinya terlebih dahulu sebelum dapat menjualnya.

Perdagangan Kontrak di Bityard

Tidak banyak exchange market menawarkan perdagangan kontrak. Bityard saat ini cukup diperhitungkan sebagai bursa yang menawarkan trading kontrak.

Dibandingkan dengan platform lain, Bityard hanya mematok biaya perdagangan sebesar 0,05%. Biaya ini lebih rendah dari rata-rata industri sejenis.

Di samping itu Bityard juga menawarkan platform yang user-friendly sehingga memudahkan para pengguna baru untuk melakukan trading kontrak pertamanya.

Kami pernah membahas Cara Trading Kontrak Aset Kripto di Bityard di artikel sebelumnya.

Jenis Perdagangan Kontrak di Bityard

Saat ini Bityard memiliki dua jenis kontrak perdagangan, yaitu Cryptocurrency dan Derivatif.

Kontrak Derivatif menawarkan opsi perdagangan leverage dan memungkinkan pedagang untuk memilih dan memprediksi pergerakan harga logam mulia, saham, obligasi, dan bahkan gas alam.

Perdagangan Kontrak Derivatif di Bityard, Contract Trading Bityard, Trading Kontrak Bityard
Tampilan perdagangan kontrak derivatif di Bityard

Di sisi kanan antarmuka, pengguna dapat beralih antara Live dan Demo. Kamu bisa pilih mode Demo untuk dapat berlatih dengan gratis di market real-time yang disediakan. Bityard menawarkan leverage untuk derivatif hingga 200x.

Kelemahan dari derivatif adalah beberapa pasar memiliki waktu tutup pada malam hari atau selama akhir pekan, sedangkan kontrak perdagangan cryptocurrency selalu terbuka.

Kamu dapat melakukan perdagangan kontrak derivatif untuk Minyak Mentah, Tembaga, Emas, Perak, Mini Dow, Nasdaq 100, Gas Alam, China A50, Hang Seng, DAX, dan Nikkei225 di Bityard.

Daftar Perdagangan Kontrak Derivatif di Bityard, Contract Trading Bityard, Trading Kontrak Bityard
Daftar perdagangan kontrak derivatif yang tersedia di Bityard

Contoh Skenario Perdagangan Kontrak di Bityard

Berikut ini disajikan contoh skenario perdagangan kontrak di Bityard untuk memudahkan kamu untuk mengerti.

Cara Perdagangan Kontrak Derivatif di Bityard, Contract Trading Bityard, Trading Kontrak Bityard
Cara melakukan transaksi perdagangan kontrak derivatif di Bityard

Skenario tersebut menggunakan uang sejumlah 4000 USDT dengan laverage 50x untuk membuat kontrak pada harga Emas (Gold). Biaya perdagangan yang dikenakan di Bityard hanya 0,025%. Harga emas harus naik agar kontrak perdagangan tersebut dapat ditutup dengan keuntungan.

Setelah order perdagangan kontrak terkonfirmasi, kontrak emas akan muncul di bagian bawah dasbor, di bawah tab “Position”, di bagian yang ditandai dengan kotak hijau saeperti gambar berikut ini.

Tutorial Perdagangan Kontrak Derivatif di Bityard, Contract Trading Bityard, Trading Kontrak Bityard
Daftar order perdagangan kontrak derivatif yang telah dilakukan di Bityard

Rincian kontrak akan mencakup nama aset, leverage, margin yang dipilih, harga pembukaan dan waktu pembukaan.

Kontrak akan ditutup secara otomatis jika harga akan naik atau turun pada nilai yang ditetapkan, atau dapat ditutup secara manual oleh pengguna sesuai profit atau loss yang dikehendaki.

Menutup kontrak secara manual adalah metode yang dapat mendatangkan keuntungan saat nilainya naik atau mengurangi kerugian jika harga turun terus menerus. Menutup kontrak, seperti pada gambar di bawah ini, akan menghasilkan 54,48 USDT (laba 1,36%).

Perdagangan Spot

Perdagangan spot atau spot trading merupakan perdagangan yang paling mudah dipahami. Perdagangan ini sesederhana jual dan beli di kehidupan nyata. Kamu hanya bisa menjual jika kamu sudah memilikinya atau membelinya sebelumnya.

Kamu berlaku sebagai penjual atau pembeli langsung dari aset kripto yang diperdagangkan. Tanpa melalui broker. Satu-satunya pihak ketiga di sini hanyalah Bityard sebagai penyedia pasar untuk bertemunya pembeli dan penjual. Di Bityard, semua perdagangan spot menggunakan pairing USDT.

Untuk membuka perdagangan spot, pilih menu “Spot Trading” di menu paling atas.

Spot Trading di Bityard, Perdagangan Spot di Bityard
Tampilan menu spot trading di Bityard

Di bagian paling kiri, kamu akan menemukan daftar aset kripto yang tersedia dan dapat diperdagangkan di Bityard. Daftar tersebut dibagi dalam beberapa tab menu.

Daftar Spot Trading Yang Tersedia di Bityard, Perdagangan Spot di Bityard
Daftar aset kripto yang tersedia di spot market Bityard
  • Optional: Menampilkan daftar aset kripto sesuai dengan pilihan kamu. Tandai aset kripto yang diinginkan dengan bintang, maka aset kripto tersebut akan masuk di tab optional ini. Kamu tidak perlu repot mencarinya lagi selanjutnya.
  • All: Menampilkan daftar semua koin dan token yang tersedia.
  • DeFi: Menampilkan aset kripto dengan kategori DeFi.
  • POS: Menampilkan aset kriptoyang memiliki algoritma Proof-of-Stake.
  • Grayscale: Menampilkan aset kripto yang kini terdaftar dalam menajemen aset perusahaan Grayscale Investments, LLC.

Cara Membeli dan Menjual Aset Kripto di Spot Market

Skenario dibawah ini akan menunjukkan kamu bagaimana cara menjual dan membeli aset kripto di spot market Bityard.

Cara Membeli atau Menjual Aset Kritpto di Spot Market Bityard
Cara membeli atau menjual aset kritpto di spot market Bityard

Di tampilan di atas, pengguna akan melakukan perdagangan token 1INCH dengan pair 1INCH/USDT.

  • Pilih kotak berwarna hijau jika kamu berniat untuk membeli token 1INCH. Isikan harga dan jumlah token sesuai yang kamu kehendaki. Pilih harga penawaran terendah untuk melakukan pembelian secara instant.
  • Pilih kotak berwarna merah jika kamu bermaksud untuk mejual token 1INCH yang kamu miliki atau yang sudah kamu beli sebelumnya. Tentukan jumlah token yang ingin dijual beserta harga yang dikehendaki. Pilih harga permintaan tertinggi untuk melakukan penjualan secara intant.

Catatan: Kamu bisa menjual atau membeli aset kripto dengan harga sesuai yang kamu kehendaki, hanya saja order kamu akan pending dan hanya akan terpenuhi saat harga yang kamu tetapkan tersebut telah sesuai dengan harga permintaan atau penawaran yang ada di spot market tersebut.

Kelebihan Bityard

Sebagai bursa yang menawarkan perdagangan kontrak dan perdagangan spot, Bityard memiliki banyak keunggulan dibandingkan bursa atau exchange market aset kripto lainnya.

  • Ada sekitar 44 macam aset kripto yang dapat diperdagangkan di Bityard dan kedepannya akan terus bertambah.
  • Kecepatan Bityard dalam memproses transaksi hingga 1 juta transaksi per detik.
  • Memiliki mobile app untuk memudahkan pengguna selalu terhubung dengan perdagangan aset kripto dimana saja dan kapan saja.
  • Biaya transaksi yang rendah.
  • Kemudahan deposit dengan pilihan bank lokal.
  • Tersedia support dalam Bahasa Indonesia.

Bonus 258 USDT

Selain menyediakan platform bursa perdagangan aset kripto yang user-friendly, Bityard juga memberikan bonus hingga 258 USDT untuk para pengguanya.

Caranya mudah, tinggal daftar di LINK ini dan selesaikan misinya.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut kamu juga bisa menghubungi Marketing Bityard Indonesia di Telegram

Telegram Group: https://t.me/bityardindonesia
Twitter: https://twitter.com/Bityardofficial
Facebook: https://www.facebook.com/Bityardofficial
Linkedin: https://www.linkedin.com/in/bityard
Youtube: https://www.youtube.com/c/BityardOfficial

Trading dan Beli BITCOIN dengan mudah.
DAFTAR Bityard sekarang dan dapatkan BONUS langsung 258 USDT.