Oleh : Blockchainisme

Jumlah Token ERC20 Saat Ini, Banyak Debunya Ya

Ada banyak token ERC20 di blockchain ethereum saat ini. Pernahkah kamu berpikir berapa jumlah token ERC20 yang ada hingga saat ini?
Jumlah Token ERC20 Ethereum Saat Ini, ERC20 Adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Sebagaian dari kamu yang membaca artikel ini, pasti sedang atau pernah memiliki token ERC20. Banyak airdrop mulai dari yang abal-abal hingga airdrop legit, menghadiahkan token ERC20 secara cuma-cuma. Dengan banyaknya token ERC20 yang berseliweran di blockchain, pernahkah kamu berpikir berapa jumlah token ERC20 yang ada hingga saat ini?

ERC20 Aset Digital Berbasis Blockchain Ethereum
Berapa sebenarnya jumlah token ERC20 yang ada saat ini?

Token ERC20

Token ERC20 adalah jenis token atau aset digital yang berjalan di jaringan blockchain ethereum. Karena berbasis ethereum, cara kerjanya pun sama seperti transaksi ethereum. Untuk menyimpan token ERC20 ini, kamu memerlukan wallet ethereum, seperti Metamask, MyEtherWallet, Trust Wallet, atau wallet ethereum lainnya.

Trust Wallet Ethereum Wallet Untuk Simpan Token ERC20
Trust Wallet, wallet ethereum mobile untuk menyimpan token ERC20

Perbedaan token ERC20 dengan bitcoin atau cryptocurrency lainnya adalah ERC20 “numpang” blockchain ethereum. Berbeda dengan bitcoin yang memiliki blockchain sendiri.

Contoh token ERC20 diantaranya, Tether USD (USDT), Binance Coin (BNB), Maker (MKR), Basic Attention Token (BAT), dan masih banyak lagi lainnya.

Token ERC20 mudah diciptakan

Token ERC20 relatif lebih mudah untuk diciptakan. Source code untuk pembuatan token ERC20 dapat ditemukan dengan mudah di website maupun youtube.

Mudahnya membuat token ERC20 ini membuat banyak developer berlomba-lomba untuk menciptakan token ERC20 mereka untuk tujuan tertentu. Token ERC20 banyak digunakan untuk ICO, IEO, airdrop, belajar, atau hanya sekedar iseng.

Sayangnya tidak semua project tersebut sukses. Banyak yang terbengkalai karena kekurangan dana, hanya sebagai project airdrop iseng, atau ada juga yang dari awal memang berniat menipu untuk mengumpulkan dana melalui penjualan token tanpa ada kejelasan real product.

Jumlah token ERC20

Melalui situs Etherscan, kami mencatat setidaknya ada 268.664 macam token ERC20 yang tercipta hingga saat artikel ini diterbitkan. Dari banyak macam token ERC20 yang ada tersebut, tidak banyak yang mampu menembus situs Coinmarketcap, atau bahkan setidaknya memiliki nilai.

Data Etherscan: Jumlah token ERC20 hingga Juni 2020
Data Etherscan: Jumlah token ERC20 hingga Juni 2020

Banyak dari token ERC20 tersebut hanya berakhir menjadi token yang tidak bernilai, ujung-ujungnya menjadi pajangan di wallet ethereum. Para pemburu airdrop mengistilahkannya sebagai token debu, token abu, dll.

Perbandingan jumlah token ERC20

Berdasarkan data, hanya 989 macam token ERC20 yang masuk kategori Top ERC20 Top Tokens oleh Etherscan. Urutan terakhir ditempati oleh Rusgas (RGS) yang bahkan marketcap-nya hanya $116.

Rusgas Token RGS Ethereum ERC20 Top Token
Data Etherscan: Rusgas (RGS) masuk kategori ERC20 Top Tokens walau hanya memiliki marketcap sebesar $116

Ini artinya, jumlah token ERC20 yang “bernilai” hampir 0.37% dari keseluran jumlah macam token ERC20 yang ada. Dengan kata lain, perbandingan antara token abu dan token yang memiliki nilai adalah 1:272. Setiap tercipta 272 macam token ERC20, setidaknya akan melahirkan 1 macam token ERC20 yang memiliki nilai.

Namun perlu dicatat, data di atas tidaklah akurat 100%, karena dalam kenyataannya beberapa token-token ERC20 baru, ditransaksikan secara Over the Counter (OTC) atau tidak tercatat di bursa perdagangan.

Nah, dari sekian banyak token ERC20 yang ada, kamu menyimpan berapa?

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Terbaru

GRATIS! Daftarkan diri kamu untuk mendapatkan informasi cryptocurrency, airdrop terbaru, dan merchandise!

Blockchainisme

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Rangkuman informasi seputar blockchain, aset kripto, dan airdrop terbaru.

hi (at) blockchainisme.com

Awards

Indonesia Website Awards 2019, Site of the Month.