Oleh : Yuda Ermawan

Apa Itu Polkadot (DOT)? Solusi Kelemahan Blockchain?

Polkadot dikembangkan oleh Parity Technologies. Mengapa Polkadot bisa masuk jajaran top cryptocurrency? Apa solusi yang ditawarkan Polkadot?
Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on email

Polkadot dikembangkan oleh Parity Technologies, dipimpin oleh Gavin Wood dan Jutta Steiner, dua mantan eksekutif Ethereum. Project ini juga didukung oleh Web3 Foundation, sebuah organisasi yang menyediakan dana, advokasi, penelitian, dan kolaborasi untuk project tersebut.

Parity didirikan pada 2015. Awalnya, Parity mulai bekerja pada perangkat lunak node untuk Ethereum, yang disebut klien Parity Ethereum.

Perusahaan telah menghentikan secara bertahap dukungan untuk project itu, membiarkannya fokus pada Polkadot dan project terkait, Substrat.

Pengembangan dimulai pada November 2017, ketika pengembang menerbitkan kode pertama di Github.

Perusahaan meluncurkan dua bukti konsep pada pertengahan 2018 dan mengerahkan parachain  pertama Polkadot pada Juli 2018.

Polkadot diluncurkan dalam keadaan “initial” pada Mei 2020, dan transfer token diaktifkan pada Agustus 2020.

DOT, tiba-tiba bisa merangsek ke jajaran 10 teratas di Coinmarketcap. hanya dalam 3 minggu DOT coin yang sebelumnya tidak masuk dalam peringkat 100 besar cryptocurrency ini banyak mendapat perhatian di market.

Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Coinmarketcap Polkadot
Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Coinmarketcap Polkadot

Alasan Polkadot Bisa Masuk Jajaran Top Cryptocurrency

DOT menduduki posisi ke 8 dengan nilai kapitalisasi US$22,49 miliar pada saat artikel ini dibuat dilansir dari Coinmarketcap.com. Mengapa DOT bisa melonjak ke 10 besar cryptocurrency dalam waktu kurang dari 1 bulan? berikut ulasan dari kami:

Redominasi Sebagai Faktor Utama

Karena DOT mengalami redenominasi pada 21 Agustus lalu, setelah komunitasnya melakukan pemungutan suara.

Hal ini membuat pasokan token DOT yang beredar menjadi 10 kali lipat lebih banyak. Semacam proses pemecahan saham yang secara substansial nilai sahamnya naik tapi investor kecil akan melihat harganya semakin terjangkau.

Meskipun di industri cryptocurrency hal ini tidak pernah terjadi, namun cara ini ternyata efektif membuat total pasokan DOT yang semula hanya 10 juta token kini menjadi 1 miliar di Genesis. Redenominasi ini tidak mengubah nilai total kepemilikan investor, hanya membuat jumlah token meningkat, sama halnya dengan stock split di saham.

Cara ini menimbulkan kesan DOT menjadi “lebih ergonomis” – sama seperti yang dikatakan pembuat platform Gavin Wood. Sebelumnya, pasokan awal DOT dibatasi hanya sebesar 10 miliar saja dan hal ini dianggap keputusan yang sembrono.

Sehingga Polkadot membutuhkan referendum komunitas untuk memecahkan masalah tersebut. Hasilnya, sejak bulan Juli sebanyak 86% dari komunitas setuju dengan redenominasi DOT. Mereka hanya menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya.

Menawarkan Solusi Interoperabilitas Pada Blockchain

Sebagian besar cryptocurrency atau aset kripto baru muncul untuk menyelesaikan beberapa masalah dunia nyata menggunakan teknologi blockchain. Polkadot disisi lain, muncul untuk menyelesaikan masalah blockchain itu sendiri. 

Seperti yang dinyatakan dalam situs resminya, Polkadot adalah “teknologi multi-rantai yang heterogen”. Pada dasarnya, project ini ditujukan untuk menjadi sebuah blockchain yang menghubungkan banyak blockchain yang berbeda. Polkadot dirancang untuk menyelesaikan beberapa masalah utama yang mencegah teknologi blockchain bisa digunakan pada aplikasi berskala besar di dunia nyata. 

Dua dari masalah utama Blockchain yang ingin dipecahkan Polkadot, adalah masalah skalabilitas dan isolasi.

Skalabilitas
Sederhananya, teknologi blockchain yang ada saat ini tidak dapat menjalankan jumlah transaksi di dunia desentralisasi yang dibayangkan. Saat ini, node jaringan memproses transaksi satu per satu, membentuk kemacetan yang membatasi volume yang lebih tinggi. 

Isolasi
Jaringan blockchain tetap terpisah dan independen, kurang interkomunikasi dan interoperabilitas. Dengan membaca deskripsi ini, dapat dipahami gambaran singkat mengenai bagaimana jaringan Polkadot akan beroperasi. Menghubungkan ke Relay Chain adalah cara untuk memecahkan permasalahan interoperabilitas dengan fitur smart contract yang memastikan bahwa setiap transaksi antar rantai individu dijalankan dengan tepat. Jaringan blockchain ini terhubung menggunakan kehadiran Bridge Chain, dimana Ethereum atau EOS maupun jaringan lainnya dapat saling berinteraksi menggunakan Polkadot. Sedangkan Parachain dapat menyelesaikan masalah skalabilitas dengan memproses transaksi secara paralel. 

Kemampuan ini menunjukkan bahwa Polkadot menawarkan serangkaian aplikasi yang mulai dibangun di atas platformnya. Harapannya, solusi interoperabilitas yang ditawarkan oleh Polkadot akan mempermudah pertukaran data dan memparalelkan beban kerja antar blockchain, menyelesaikan masalah throughput yang selama ini menjadi batu sandungan untuk diadopsi DApp serta meningkatkan skalabilitas jaringan di beberapa blockchain. 

Platform Potensial Untuk DeFi

Project DOT didukung oleh tim teknis yang baik yang dipimpin oleh Gavin Wood, salah satu pendiri Ethereum. Melalui fitur interoperabilitasnya, Polkadot akan memungkinkan transfer data dan nilai diantara berbagai blockchain ekosistemnya. Ini adalah project yang sangat berorientasi pada pengembangan dan banyak tim telah memilih untuk membangun Substrat, teknologi Polkadot untuk membuat blockchain. 

Oleh karena itu, DOT merupakan pesaing serius bagi Ethereum, dengan tim Polkadot berusaha keras untuk membuat platform mereka seramah mungkin untuk pengembang. 

Dari segi Interoperabilitas, Polkadot didasarkan pada konsep “Relay Chain” atau rantai induk dan rantai yang dibangun diatasnya disebut “Parachain”. Rantai saling terhubung melalui relay chain dan setiap parachain dapat bergabung dengan ekosistem hanya dengan mengikat dan menahan DOT. Hal ini membantu memperkuat jaringan dan kepercayaan diantara rantai. Polkadot memanfaatkan kepercayaan ini dengan membangun model keamanan bersama yang memfasilitasi komunikasi dan pertukaran data dan nilai antara rantai yang berbeda. 

Jika dilihat dari segi teknologi dan aplikasi, Polkadot dapat dikatakan menonjol karena pengembangan blockchain dan platform DApps mereka. Polkadot menggunakan bahasa Rust, namun juga menggunakan WebAssembly seperti yang digunakan oleh Google dan Microsoft. 

Polkadot mencoba menarik para developer dan project untuk membangun diatas blockchain DOT dengan membuat platformnya semudah mungkin untuk dikembangkan. Polkadot membangun ekosistem besar dengan batasan yang lebih sedikit.

Cara Trading Polkadot


Bityard adalah platform perdagangan cryptocurrency dan derivatif terkemuka, yang menawarkan opsi perdagangan berbeda untuk berbagai cryptocurrency termasuk Polkadot. Trader dapat membeli atau menjual DOT melalui berbagai opsi yang meliputi: Perdagangan spot, Perdagangan kontrak, Copy Trading.

Perdagangan Kontrak

Dalam opsi ini, trader berspekulasi tentang naik atau turunnya harga dan mendapat untung. Hal ini memungkinkan trader mendapatkan keuntungan dari selisih yang diselesaikan antara harga pembukaan dan penutupan entri.

Dalam perdagangan kontrak, trader dapat meminjam modal untuk membuka perdagangan dengan margin lebih besar untuk menghasilkan keuntungan yang berpotensi lebih tinggi. Pasar ini buka 24/7.

Untuk trading di pasar perdagangan kontrak, Login ke akun Bityard. Jika kamu belum memiliki akun, Daftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran tidak akan memakan waktu hingga 1 menit.

Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Bityard Polkadot
Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Bityard Polkadot

Perdagangan Spot

Ini adalah opsi perdagangan yang menawarkan penyelesaian instan. Segera setelah tawaran ditempatkan dan penawaran permintaan yang setara ditempatkan, perdagangan segera ditutup. Trader dapat memilih untuk mencocokkan tawaran pada pesanan terbuka, dengan mengkliknya dan menempatkan tawarannya. Atau dapat membuat tawaran baru dan menunggu pesanan cocok. Pasar ini buka 24/7. Bityard menawarkan lebih dari 1 juta transaksi per menit dan mampu memenuhi pesanan dalam jumlah besar.

Untuk trading di spot market, Login ke akun Bityard. Jika kamu belum memiliki akun, Daftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran tidak akan memakan waktu hingga 1 menit.

Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Bityard Trading Polkadot
Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Bityard Trading Polkadot

Copy Trading

Perkembangan terbaru pada platform pertukaran Bityard. Ini memungkinkan pengguna untuk menyalin posisi yang diambil oleh trader terverifikasi dan mengikuti perdagangan mereka. Opsi ini dikembangkan dengan memperhitungkan pemula, yang belum belajar cara trading dan individu yang tertarik dalam perdagangan tetapi tidak punya waktu. Ini adalah cara mudah menghasilkan uang menggunakan pengetahuan trader berpengalaman.

Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Bityard Copy Trading
Apa Itu Polkadot (DOT), Solusi Kelemahan Blockchain, Bityard Copy Trading

Kesimpulan

Polkadot menyajikan sebuah konsep yang akan menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi cryptocurrency saat ini, seperti skalabilitas dan interoperasi dan akan merevolusi bagaimana kita berpikir tentang blockchain. Dapat dikatakan DOT berpotensi merubah wajah jaringan blockchain dimasa yang akan datang, siapa yang tau.

Trading dan Beli BITCOIN dengan mudah.
DAFTAR Bityard sekarang dan dapatkan BONUS langsung 258 USDT.

Terbaru

Ad Blockchainisme 360x240

GRATIS! Daftarkan diri kamu untuk mendapatkan informasi cryptocurrency, airdrop terbaru, dan merchandise!