7 Hal Tentang Bitcoin Ini Perlu Anda Ketahui

7 Hal Tentang Bitcoin Ini Perlu Anda Ketahui

Setelah Anda membaca postingan sebelumnya mengenai pemahaman bitcoin untuk pemula, ada hal-hal lain lagi yang perlu Anda ketahui tentang bitcoin. Bitcoin memang seolah tidak ada ujungnya untuk dipelajari. Bitcoin dan blockchain adalah teknologi baru yang terus tumbuh dan berkembang. Banyak manfaat yang telah diperoleh oleh pengguna bitcoin dan blockchain. Bitcoin menawarkan cara lain dari yang ditawarkan oleh bank-bank pada umumnya dalam proses pertukaran uang atau transaksi finansial. Anda harus meluangkan waktu untuk belajar sebelum menggunakan bitcoin untuk transaksi Anda.

Perlu diketahui tentang bitcoin

Bitcoin haruslah diperlakukan sama seperti Anda memperlakukan uang yang berada di dalam dompet Anda, atau bahkan lebih hati-hati dalam beberapa kasus. Pahami betul bitcoin sebelum memulai menjelajahi atau bertransaksi menggunakan bitcoin. Berikut ini adalah 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang bitcoin.

Mengamankan dompet Anda
Dalam dunia nyata, dompet Anda haruslah diamankan. Bitcoin memungkinkan Anda untuk melakukan transfer ke mana saja dengan cara yang sangat mudah serta memungkinkan Anda untuk mengendalikan uang Anda. Kendali penuh ini juga mengharuskan adanya perhatian yang tinggi atas keamanannya. Bitcoin menyediakan tingkat keamanan yang sangat tinggi jika digunakan secara benar. Selalu ingat bahwa tanggung jawab berada di diri Anda untuk melakukan langkah-langkah pengamanan yang baik dalam rangka melindungi uang Anda.

Harga bitcoin mudah berubah
Harga bitcoin sangat fluktuatif. Harga bitcoin dapat naik atau turun secara tak terduga selama periode waktu yang singkat dikarenakan oleh ekonominya yang masih muda, baru, dan pasar yang terkadang tidak likuid. Sebagai konsekuensi fluktuasi ini, Anda tidak direkomendasikan untuk menabung dalam bitcoin.

7 Hal Tentang Bitcoin Ini Perlu Anda Ketahui, Harga Bitcoin Naik Turun
Harga bitcoin sering naik dan turun secara drastis. Ekonominya yang masih muda menjadi salah satu penyebabnya

Bitcoin dipandang sebagai aset yang berisiko tinggi. Anda sebaiknya tidak menyimpan terlalu banyak uang yang berisiko hilang. Jika Anda menerima pembayaran dengan bitcoin, kini sudah tersedia banyak penyedia jasa yang memungkinkan Anda untuk menukar bitcoin secara instan ke rupiah, seperti Indodax.

Pembayaran bitcoin tidak dapat dibatalkan
Setiap transaksi yang Anda lakukan dengan bitcoin tidak dapat dibatalkan. Dana hanya bisa dikembalikan oleh si penerima dana tersebut setelah bitcoin tersebut diterima olehnya. Itu berarti Anda harus berhati-hati untuk melakukan transaksi dengan orang atau organisasi yang masih dipertanyakan identitas atau reputasinya.

Bitcoin tidak anonim
Diperlukan beberapa usaha untuk melindungi privasi Anda dengan bitcoin. Semua transaksi bitcoin disimpan secara umum dan permanen pada jaringan blockchain. Ini artinya siapapun dapat melihat saldo serta transaksi keluar dan masuk dari alamat bitcoin tersebut. Bagaimanapun juga, identitas pemilik alamat tetap dirahasiakan. Inilah salah satu alasan mengapa alamat bitcoin sebaiknya hanya digunakan sekali saja. Anda bertanggung jawab terhadap pengamanan privasi Anda.

Transaksi instan kurang aman
Transaksi bitcoin biasanya dilaksanakan dalam beberapa detik dan akan mulai dikonfirmasi dalam 10 menit berikutnya. Selama waktu itu, sebuah transaksi yang dianggap otentik tetap dapat dibatalkan. Jika Anda tidak dapat menunggu hingga transaksi bitcoin dikonfirmasi, Anda dapat meningkatkan keamanan dengan meminta biaya transaksi yang kecil atau menggunakan sistem pendeteksi transaksi yang tidak aman. Untuk nominal transaksi bitcoin yang besar seperti $1000, sebaiknya menunggu hingga 6 konfirmasi atau lebih. Setiap konfirmasi secara eksponensial memperkecil risiko pembatalan transaksi.

7 Hal Tentang Bitcoin Ini Perlu Anda Ketahui, Konfirmasi Transaksi Blockchain.info
Contoh tampilan transaksi yang telah terkonfirmasi di Blockchain.info

Bitcoin masih bersifat uji coba
Bitcoin adalah uji coba mata uang digital baru yang masih dalam pengembangan aktif oleh banyak kalangan. Perlu dicatat bahwa bitcoin adalah penemuan baru yang menjelajahi ide yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan demikian, masa depan bitcoin tidak bisa diprediksi oleh siapapun.

Pajak pemerintah dan regulasi
Bitcoin bukanlah mata uang resmi. Artinya, sebagian besar negara masih meminta Anda untuk membayar pajak pendapatan, penjualan, penggajian, dan pajak keuntungan modal atas apapun yang memiliki nilai termasuk bitcoin. Merupakan tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa Anda mematuhi pajak dan aturan hukum lainnya ataupun kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Anda dan/atau pengambil kebijakan di daerah Anda. Di Indonesia sendiri, bitcoin tidak diperkenankan untuk dijadikan alat tukar atau alat pembayaran. Namun dengan adanya Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2018, bitcoin dan cryptocurrency lainnya akhirnya dikategorikan sebagai komoditi yang dapat diperdagangkan.

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Blockchainisme
Blockchainisme
Blockchainisme adalah sebuah situs sebagai media informasi bagi para blockchain enthusiast Indonesia untuk lebih mengenal blockchain dan cryptocurrency.

#Artikel Lainnya

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan informasi GRATIS seputar Blockchain, Cryptocurrency, dan Airdrop. Subscribe sekarang, FREE !!!

Ledger Nano X - The secure hardware wallet
Media Belajar Crypto dan Informasi Seputar Blockchain, Blockchainisme, Indonesian Blockchain Enthusiast Media

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

Email
: hi@blockchainisme.com
Telegram: @TeamBlockchainisme
Phone: +62 89634805599

Advertise | Privacy Policy | Sitemap