10 Cryptocurrency Aneh dan Konyol Yang Ada di Market

10 Cryptocurrency Aneh Yang Ada di Market

Cryptocurrency merupakan mata uang digital (aset digital) yang diciptakan berbasis teknologi blockchain. Pada awalnya, tujuan cryptocurrency adalah untuk menjadi solusi dari segala permasalahan yang terdapat di industri finansial dan perbankan saat ini. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak cryptocurrency inovatif bermunculan, namun ada juga cryptocurrency aneh dengan tujuan yang konyol beredar di pasaran.

Cryptocurrency aneh dengan latar belakang konyol

Sifatnya yang terdistribusi dan terdesentralisasi telah membuat cryptocurrency menjadi populer. Bitcoin merupakan pelopor cryptocurrency yang cukup sukses di pasaran. Kesuksesan bitcoin menjadi pemicu lahirnya startup-startup blockchain baru untuk menciptakan cryptocurrency alternatif (altcoin) baru.

Beberapa dari startup tersebut sukses menciptakan cryptocurrency alternatif dari bitcoin karena menawarkan keunggulan dan fitur yang tidak ditawarkan oleh bitcoin. Namun, banyak juga startup blockchain yang tumbang karena sepi peminat.

Tidak semua cryptocurrency dengan latar belakang bagus dapat diterima oleh publik. Begitu juga sebaliknya, latar belakang yang tidak jelas atau bahkan konyol, tidak serta merta membuat cryptocurrency tersebut tidak diminati. Berikut kami sampaikan daftar 10 cryptocurrency aneh dan konyol yang ada atau pernah ada di market cryptocurrency.

Daftar 10 cryptocurrency konyol

Persiapkan diri Anda, apakah Anda salah satu pemegang cryptocurrency aneh berikut ini?

Dogecoin

Dogecoin dirilis pada tahun 2013 hanya sebagai sebuah cryptocurrency lelucon. Nama dogecoin (DOGE) berasal dari meme internet terkenal pada periode tersebut, yaitu doge. Dogecoin diciptakan oleh Jackson Palmer (Product Manager di Adobe) dan Billy Markus (Software Engineer di IBM).

Dogecoin (DOGE) membuktikan kesuksesannya dengan market cap yang dicapai. Dogecoin juga pernah menjadi sponsor tim balapan Nascar
Dicap sebagai cryptocurrency yang konyol, dogecoin (DOGE) membuktikan kesuksesannya dengan market cap yang dicapai. Bahkan, dogecoin pernah menjadi sponsor tim balapan Nascar

Tidak ada yang menyangka jika dogecoin mampu menjadi cryptocurrency aneh tersukses saat ini. Market cap dogecoin kini telah mencapai lebih dari $345 Juta*. Karena kesuksesannya tersebut, dogecoin bahkan pernah menjadi sponsor untuk tim balapan Nascar dan tim bobsled Jamaika di Olimpiade Musim Dingin.

Lustcoin

Lust adalah platform marketplace untuk bisnis pelacuran. Pihak lust mengklaim platformnya dirancang untuk semua manusia di bumi untuk menemukan pasangan seksualnya secara anonim.

Lust merupakan platform perdagangan layanan seks yang terdesentralisasi, dimana transaksinya menggunakan token lustcoin (LST). Platform ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Saat ini situs resmi mereka sudah tidak aktif lagi. Dari kabar yang beredar, lustcoin ternyata adalah sebuah penipuan.

Useless Ethereum Token

Useless Ethereum Token jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi token ethereum yang tidak berguna. Kami tidak tahu apa motivasi dari orang yang benar-benar membeli useless ethereum token (UET) ini.

HitBTC menjadi exchange market cryptocurrency pertama sebagai tempat perdagangan Useless Ethereum Token (UET)
HitBTC menjadi exchange market cryptocurrency pertama sebagai tempat perdagangan Useless Ethereum Token (UET)

Dengan tagline “The world’s first 100% honest Ethereum ICO”, sepertinya pihak useless ethereum token, ingin memberikan sindiran kepada startup-startup yang ingin mendapatkan banyak uang hanya dengan mengeluarkan cryptocurrency aneh yang memang konyol dan tidak berguna. Tidak ada data yang jelas di Coinmarketcap mengenai token ini. Namun yang pasti, Useless Ethereum Token ini memiliki total supply sebanyak 3.965.716 UET.

Pandacoin

Jika dogecoin saja ada, kenapa tidak dengan pandacoin? Mungkin begitu pemikiran kreator dari pandacoin ini. Pandacoin (PND) merupakan cryptocurrency yang dirancang untuk kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Pandacoin memiliki PandaBank, dimana Anda akan mendapatkan bunga sebesar 2.5% per tahun dari jumlah pandacoin yang Anda simpan di PandaBank. Market cap dari pandacoin kini telah mencapai lebih dari $6.5 Juta*. Mungkin itu cukup untuk mengadakan pesta bagi para panda di seluruh dunia.

Jesus Coin

Jesus Coin (JC) masuk dalam kategori cryptocurrency aneh versi kami, karena selain menggunakan nama Jesus, cryptocurrency ini juga konyol dari sisi whitepapernya. Di whitepaper jesus coin, disebutkan bahwa jesus coin menawarkan pengampunan dosa dengan bekerja sama dengan gereja-gereja, kecepatan transaksi antara pengguna dan Anak Tuhan, serta
diprediksi mencapai market cap sebesar $50 Miliar.

Walaupun tergolong sebagai cryptocurrency aneh, Jesus Coin (JC) hingga kini masih aktif diperdagangkan di Coinexchange
Jesus coin (JC) hingga kini masih aktif diperdagangkan di Coinexchange

Dengan keanehannya ini, jesus coin mampu mencapai market cap sekitar $470 Ribu*, dan masih aktif diperdagangkan di Coinexchange. Hmmm, Kami tidak ingin banyak mengomentari koin digital yang satu ini. Kami takut kualat. Mohon pengertiannya.

Potatocoin

Anda suka makan kentang? Jika iya, Anda harus tahu cryptocurrency aneh yang satu ini. Namanya potatocoin (SPUDS), dan tidak ada pembeda antara cryptocurrency ini dengan koin digital lainnya. Yang membuatnya menarik bagi para cryptocurrency enthusiast lainnya hanyalah namanya yang aneh, potatocoin. Dibalik nama anehnya, ada misi ambisius dari kreator cryptocurrency ini yaitu untuk mengantarkan para petani di Afrika ke dalam kondisi yang lebih baik. Namun sayangnya, misi baik dari potatocin ini tidak sejalan dengan kesuksesannya. Kini potatocoin memiliki market cap hanya sebesar $396* dan sepertinya sudah tidak aktif lagi.

Putincoin

Iya Putin, Anda tidak salah baca. Nama Putin identik dengan Presiden Rusia yang bernama Vladimir Putin. Putincoin (PUT) memang bertujuan untuk memberikan penghormatan dan apresiasi kepada rakyat dan presiden negara besar terluas di dunia tersebut. Tidak ada tanggapan oleh Putin sendiri mengenai keberadaan putincoin ini. Putincoin tercatat memiliki market cap di atas $150 Ribu*.

Bersama dengan trumpcoin (TRUMP), putincoin (PUT) menjadi cryptocurrency konyol yang menggunakan nama presiden suatu negara sebagai nama koinnya
Bersama dengan trumpcoin (TRUMP), putincoin (PUT) menjadi cryptocurrency konyol yang menggunakan nama presiden suatu negara sebagai nama koinnya

Trumpcoin

Panasnya persaingan Amerika Serikat dan Rusia tidak hanya terjadi di dunia militer saja, namun persaingan tersebut telah sampai pada sektor cryptocurrency. Seakan seperti berpasangan dengan putincoin, trumpcoin (TRUMP) juga turut meramaikan pasar cryptocurrency. Trumpcoin tidak berafiliasi dengan Presiden Amerika Serikat, Donal Trump. Trumpcoin mengklaim dirinya bertujuan untuk membantu mendanai project-project dalam negeri dan seluruh dunia. Market cap trumpcoin sementara berada di atas putincoin, yaitu sekitar $180 Ribu*.

Nyancoin

Anda tahu karakter kucing terbang dengan efek pelangi yang bernama Nyancat? Cryptocurrency ini terilhami oleh karakter tersebut. Nyancoin (NYAN) merupakan salah satu cryptocurrency aneh yang dirilis pada tahun 2014. Nyancoin diperkenalkan ke publik sebagai “cryptocurrency berlisensi resmi pertama”. Dilihat dari situs resmi nyancoin, pihaknya baru saja mengumumkan bahwa mereka telah delisting dari Tradesatoshi per tanggal 7 Juli 2019. Walaupun demikian, tercatat nyancoin memiliki market cap mencapai $200 Ribu* lebih.

Nyancoin (NYAN) dikabarkan telah delisting dari Tradestaoshi sejak beberapa pekan lalu
Nyancoin (NYAN) dikabarkan telah delisting dari Tradestaoshi sejak beberapa pekan lalu

Dentacoin

Dentacoin (DCN) merupakan cryptocurrency yang mengusung misi menjadi solusi untuk industri dental global dengan aplikasi teknologi blockchain. Sejauh ini, dentacoin masih sangat aktif berinovasi dalam menyediakan platform-platform yang berguna untuk industri dental, mulai dari aplikasi mobile untuk edukasi kesehatan gigi, hingga platform untuk dental research. Walaupun terdengar aneh, cryptocurrency ini memiliki komunitas pengguna yang aktif, termasuk dokter gigi dan klinik di 16 negara. Tidak heran jika dentacoin memeiliki market cap yang cukup tinggi, yaitu di angka lebih dari $11.7 Juta*.

Itulah daftar 10 cryptocurrency aneh yang kami anggap konyol. Apakah Anda memiliki salah satu dari 10 cryptocurrency aneh di atas? Beri tahu kami lebih banyak di kolom komentar tentang cryptocurrency konyol yang pernah Anda temui.

*Data dari Coinmarketcap per tanggal 27 Juli 2019.

KATEGORI :

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

#Artikel Lainnya

BLOCKCHAINISME
Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

hi@blockchainisme.com
+62 89634805599