Ini 5 Kelebihan Blockchain Yang Perlu Anda Ketahui!

5 Kelebihan Blockchain Ini Perlu Anda Ketahui

Blockchain, teknologi ini menjadi perbincangan yang menarik dikalangan banyak orang. Lahirnya blockchain memang pada awalnya membuat orang antusias dengan cara kerjanya yang simple. Terkesan sederhana, tapi memberikan keamanan dan dapat menyajikan data yang transparan hingga kemudian banyak yang menggunakannya demi dapat memanfaatkan kelebihan blockchain tersebut.

Kelebihan Blockchain Ini Wajib Anda Ketahui

Dunia perbankan yang pada awalnya juga sempat khawatir dengan adanya blockchain, kini malah menjadi semakin banyak memanfaatkan apa yang sering disebut teknologi distributed ledger ini. Ada banyak alasan yang mendasari hingga kemudian banyak pula yang menggunakan teknologi blockchain. Hal yang paling mendasari kenapa mulai banyak yang mengadopsi teknologi ini tentu karena mempunyai banyak kelebihan. Berikut ini adalah gambaran umum mengenai beberapa kelebihan blockchain.

1. Lebih Aman
Blockchain menggunakan blok yang digunakan untuk menyimpan data transaksi. Blok ini terkait satu dengan yang lain dan dapat memverifikasi kode uniknya. Yang lebih utama adalah blok ini teraplikasi pada seluruh jaringan blockchain, sehingga apabila ada orang yang ingin mengubah data maka harus mengubah keseluruhan data pada jaringan di semua komputer. Jadi, apabila terjadi peretasan data maka akan kesulitan untuk mengubah satu data saja.

Kelebihan Blockchain Yang Menggunakan Blok Data Yang Saling Terkait Sehingga Jaringan Susah Dimanipulasi
Kelebihan blockchain yang menggunakan blok data yang saling terkait sehingga jaringan susah dimanipulasi

2. Data Tidak Dapat Diubah
Untuk menghindari adanya peretasan atau pencurian data transaksi, maka blockchain didesain khusus agar tidak terjadi kebocoran dengan dilengkapi adanya blok yang berkaitan satu sama lainnya. Untuk mengubah satu data anda perlu mengubah data yang lain yang terdapat di blok lainnya yang tersebar di semua komputer yang terkait dengan jaringan blockchain di seluruh dunia. Terdengar mustahil untuk dilakukan bukan? Data pada blockchain memang didesain untuk tidak dapat diubah, hanya bisa ditambahkan saja.

3. Privasi Pengguna Terjaga
Banyaknya peretasan yang terjadi memungkinkan blockchain ini berkembang dengan pesat karena banyak yang berpotensi menggunakannya. Data yang tersimpan rapi dan aman dalam blok juga menjaga privasi para penggunanya.

4. Transparan
Dengan adanya blok-blok yang digunakan serta kode unik berupa kriptografi memungkinkan data yang tersimpan menjadi aman. Selain itu, setiap data transaksi yang ditambahkan akan disajikan dengan transparan hingga memungkinkan penggunanya mengetahui setiap detail transaksi.

5. Terdesentralisasi
Jaringan blockchain yang terdesentralisasi (decentralized) artinya blockchain tidak memiliki server pusat yang memegang kendali transaksi. Tidak ada yang dapat mengintervensi jaringan blockchain. Uniknya lagi, jaringan blockchain tidak hanya terdesentralisasi, tetapi jaringan blockchain juga terdistribusi (distributed) satu sama lainnya.

Perbedaan centralized network, decentralized network, dan distributed network yang menjadi kelebihan blockchain
Perbedaan centralized network, decentralized network, dan distributed network yang menjadi kelebihan blockchain

Berbeda halnya dengan sistem konvensional yang memiliki server terpusat (centralized), ketika satu server mengalami gangguan, maka jaringan yang dibebankan pada server tersebut akan lumpuh sampai server tersebut diperbaiki atau dialihkan jalurnya.

Dengan adanya berbagai kelebihan blockchain, tidak heran apabila teknologi ini menjadi perbincangan paling hangat terkait penemuan untuk kemudahan transaksi utamanya perbankan.

Kategori :

Ingin punya Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Daftar dan buat walletnya secara GRATIS di Indodax. Kunjungi link ini sebagai panduan daftar Indodax untuk jual-beli bitcoin atau cryptocurrency lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Blockchainisme
Blockchainisme
Blockchainisme adalah sebuah situs sebagai media informasi bagi para blockchain enthusiast Indonesia untuk lebih mengenal blockchain dan cryptocurrency.

#Artikel Lainnya

Jadilah yang pertama untuk mendapatkan informasi GRATIS seputar Blockchain, Cryptocurrency, dan Airdrop. Subscribe sekarang, FREE !!!

Ledger Nano X - The secure hardware wallet
Media Belajar Crypto dan Informasi Seputar Blockchain, Blockchainisme, Indonesian Blockchain Enthusiast Media

Indonesian Blockchain Enthusiast Media. Konten bersifat gambaran umum, kajian lebih mendalam mungkin diperlukan.

Email
: hi@blockchainisme.com
Telegram: @TeamBlockchainisme
Phone: +62 89634805599

Advertise | Privacy Policy | Sitemap